Mau Pakai ART Infal Pas Lebaran, Mending Harian atau Bulanan?

Tim detikcom - detikFinance
Jumat, 30 Apr 2021 17:35 WIB
ART Infal
Foto: Tim Infografis Zaki Alfarabi
Jakarta -

Pemerintah sudah melarang warganya untuk mudik. Namun hal ini biasanya tidak berlaku kepada asisten rumah tangga (ART).

Mau dilarang atau tidak, buat mereka kalau waktunya Lebaran tetap harus pulang kampung. Nah yang begini tidak cuma bikin repot pemerintah, tapi juga bikin repot majikannya.

Daripada pusing sendiri mikirin urusan rumah yang nggak ada habisnya dikerjain tanpa ART yang mudik lebaran, mendingan segera pikirkan opsi menyewa ART infal.

ART infal bersifat 'bantuan sementara' dengan masa kerja paling lama satu bulan. Lumayan lho, untuk menggantikan peran ART reguler di rumah.

Menurut pemimpin Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Tiara Cipta, Ami Sutarmi, Bunda bisa menyewa ART infal dengan jangka waktu 10 hingga 30 hari.

"ART Infal adalah ART yang dipekerjakan sementara untuk menggantikan pekerja permanen atau ART Reguler. Jangka waktu (sewa) antara 10 hari sampai dengan 1 bulan," ungkap Ami kepada HaiBunda beberapa waktu lalu.

Selama masa pandemi, detikers mungkin mulai khawatir jika ingin mempekerjakan ART infal, ya. Selain orang yang datang adalah orang asing, kita juga tidak tahu riwayat penyakit yang dimiliki oleh si calon Mbak.

Menanggapi hal itu, Ami menyarankan agar menyewa ART dengan jangka waktu bulanan. Selain karena aturan pemerintah yang masih berubah, ART infal juga bisa dipertimbangkan untuk dijadikan ART reguler. Mengingat kondisi si Mbak yang mudik belum tentu kembali dengan keadaan sehat.

"Khusus di masa pandemi, lebih aman menggunakan yang bulanan, selain karena peraturan pemerintah yang masih berubah, kadang peraturan daerah juga mempersulit pekerja," ungkap Ami.

"Juga kalau memkai yang harian, patut dipertimbangkan apakah nantinya bisa langsung dapat pekerja regulernya. Trus pekerja yang digantikan ini, apakah pasti kembali dalam kondisi sehat mengingat penyebaran covid sudah tidak pandang dari mana mereka berasal," sambung Ami.

Selain itu, Ami juga menjelaskan bagaimana proses pemilihan ART infal nih, klik di sini untuk halaman berikutnya ya.

(ang/ang)