Dapat 'Bensin' Rp 13,2 T, CT Corp Tancap Gas Go Internasional

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Jumat, 30 Apr 2021 18:55 WIB
Kerja Sama CT Corp-Mitsui
Foto: Kerja Sama CT Corp-Mitsui (Istimewa)
Jakarta -

CT Corpora telah menandatangani kerja sama dengan Mitsui & Co untuk pembelian obligasi konversi dengan jumlah pokok JPY 100 miliar atau setara dengan Rp 13,2 triliun.

Presiden Direktur PT Mega Central Finance Wiwie Kurnia mengungkapkan dengan pembelian obligasi ini maka CT Corpora bisa mempersiapkan menjadi pemain internasional.

"Untuk bisa mempersiapkan CT Corpora untuk menjadi global player," kata dia dalam keterangannya, Jumat (30/4/2021).

Wiwie mengungkapkan CT Corpora bersama Mitsui ini akan mengembangkan bisnis baru dan mempersiapkan diri untuk menjadi pemain internasional.

"Mitsui melihat jika CT Corpora merupakan satu grup yang spesifik dan menjadi grup dengan konsumer sentris terbesar di Indonesia," ujar dia.

Menurut dia Mitsui memang memfokuskan diri di segmen bisnis konsumer sejak beberapa tahun lalu. Apalagi Indonesia dinilai sebagai negara yang potensial untuk segmen ini.

Penerbitan obligasi konversi ini terdiri dari dua tahap, masing-masing JPY 67 miliar dan JPY 33 miliar. Di mana JPY 33 miliar merupakan untuk pengganti obligasi korporasi yang sudah ada dengan jumlah yang sama dengan yang dibeli Mitsui pada November 2018.

Penandatanganan ini dilakukan oleh Chairman CT Corp Chairul Tanjung di Singapura, CEO Mitsui & Co. Kenichi Hori di Tokyo dan Presiden Direktur CT Corp Chairal Tanjung di Jakarta.

Wiwie mengatakan sebelumnya hubungan CT Corpora dengan Mitsui memang sudah sangat dekat. "Suasananya semua optimis baik dari Mitsui Mr Kenichi, Mr Yatsunaga dan pak Chairul Tanjung," ujar dia.

(kil/dna)