Mendag Minta Produk Lokal Mejeng Paling Depan di Toko Online

Anisa Indraini - detikFinance
Senin, 03 Mei 2021 17:30 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono: Ilustrasi Mendag Muhammad Lutfi
Jakarta -

Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi meminta e-commerce mendukung kampanye cinta produk Indonesia. Salah satunya dengan memberikan ruang strategis untuk produk lokal.

Lutfi meminta produk lokal ditempatkan paling depan dalam e-commerce. Tujuannya aga produk buatan Indonesia dilihat paling pertama.

"Kita minta pendukungan dari asosiasi (e- Commerce Indonesia/idEA)supaya barang-barang buatan Indonesia mempunyai laman kalau tidak yang pertama, yang terdepan lah supaya mereka bisa mendapatkan pandangan pertama supaya orang punya minat berbelanja," katanya dalam acara Forum Merdeka Barat (FMB) 9 dilihat virtual, Senin (3/5/2021).

Di sisi lain Lutfi mengakui memang tidak bisa memaksa orang belanja produk Indonesia, namun paling tidak kualitas produk lokal tidak kalah dengan asing.

"Yang kita bisa kerjakan memastikan bahwa barang-barang yang dijual kompetitif, harganya menarik dan yang paling penting dari semuanya itu terlihat baik, nyaman dipakainya dan harganya terjangkau," ujar Mendag.

Dia menambahkan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) akan mendapat pelatihan mengenai bagaimana cara berjualan yang unik. Dengan begitu, produk yang nilainya mahal juga dapat menarik minat pembeli.

"Tenun itu memakan waktu setidaknya 2 bulan sampai 40 hari yang simpel-simpel. Jaket (tenun) itu harganya Rp 3-4 juta, kalau kita tidak bisa mengunikan barang-barang tersebut secara e-commerce, ini tidak akan menarik," tutur Mendag.

(aid/hns)

Tag Terpopuler