Mendag Pamer Pakai Jas Lokal, tapi Dasinya Impor

Anisa Indraini - detikFinance
Senin, 03 Mei 2021 19:20 WIB
Dubes RI untuk Amerika Serikat, Muhammad Lutfi
Foto: Edi Wahyono: ilustrasi Mendag Muhammad Lutfi
Jakarta -

Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi pamer menggunakan jas buatan UMKM Indonesia. Dia tampak gagah mengenakan jas berwarna hitam tersebut saat menjadi pembicara dalam Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI).

"Saya hari ini pakai jas tapi ini produksinya produksi UMKM, buatan Indonesia ini. Saya mau menunjukkan bahwa ternyata produksi Indonesia ini keren. Kemejanya juga buatan UMKM," ujar Mendag dalam acara Forum Merdeka Barat (FMB) 9 dilihat virtual, Senin (3/5/2021).

Meski begitu, dia mengakui ada satu produk dari luar negeri atau impor yang masih dipakainya, yakni dasi dengan dominasi warna ungu. "Dari semua ini yang buatan luar negeri hanya dasinya," tuturnya.

Mendag dasi tersebut impor dari mana, namun menurutnya produk lokal yang dikombinasikan dengan sentuhan produk asing itu terlihat keren.

"Jadi saya dengan bangga mengatakan meskipun pakai jas-jasan ini adalah produksi UMKM Indonesia dan ketika di-combine hasilnya tidak kalah dengan produk impor," tutur Mendag.

Untuk mendorong produk UMKM, pihaknya juga akan membenahi tata penjualan di toko online. Dia memastikan marketplace yang beroperasi di Indonesia akan lebih banyak diisi oleh produk lokal.

"Kita akan mengatur marketplace secara lebih baik karena kita ingin mendapatkan perdagangan yang adil dan bermanfaat. Ini akan kita atur baik-baik, kita akan memastikan marketplace Indonesia diisi oleh masyarakat Indonesia," terang Mendag.

(aid/hns)