4 Keuntungan Belanja Online, Ketimbang Berdesakan di Tanah Abang

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 04 Mei 2021 10:29 WIB
Ilustrasi BELANJA online
Foto: shutterstock
Jakarta -

Pasar Tanah Abang akhir pekan kemarin dibanjiri masyarakat, pengunjung pasar membludak dan menimbulkan keramaian. Hal itu terjadi disinyalir karena antusias masyarakat yang ingin belanja baju baru jelang Lebaran.

Keramaian di Tanah Abang sangat berbanding terbalik dengan upaya jaga jarak sosial demi menekan penyebaran pandemi COVID-19.

Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia, Piter Abdullah mengaku memang antusias masyarakat untuk belanja saat ini dibutuhkan untuk menjaga perekonomian agar bisa bertahan di tengah pandemi.

Namun untuk menghindari penyebaran virus COVID-19 sebaiknya masyarakat belanja online, bukan offline dengan datang ke pasar. "Memang sebaiknya masyarakat belanja online," kata Piter, Senin (3/5/2021).

Daripada belanja sambil berdesakan langsung ke Tanah Abang, masyarakat pun diimbau lebih baik belanja online. Berikut ini keuntungannya:

1. Mudah Membandingkan Harga
Membandingkan harga dan meneliti produk akan jauh lebih mudah saat belanja online. Saat belanja online, ada berbagai ulasan dan penilaian konsumen yang bisa dilihat langsung. Tak hanya itu, pada aplikasi belanja online juga terdapat pilihan produk lain dengan harga yang lebih murah dan penilaian tertinggi.

2. Lebih Nyaman
Kapan lagi bisa belanja kebutuhan sehari-hari tanpa harus repot ganti baju atau makeup? Dengan belanja online dapat memberikan kebebasan kepada pelanggan untuk belanja di mana saja dan kapan saja.

Tak hanya itu, tidak ada antrean di kasir juga tentunya akan membuat belanja menjadi lebih nyaman jika dilakukan online. Tak perlu juga berdesak-desakan seperti belanja baju di Tanah Abang.

3. Jauh dari Kerumunan
Mengingat anjuran pemerintah untuk menghindari kerumunan, belanja online merupakan solusi terbaik. Apalagi dekat-dekat hari raya seperti ini, tentunya akan banyak orang yang belanja di pasar. Hal ini sering kali membuat pusing dan tergesa-gesa saat belanja.

Lanjut halaman berikutnya.

Lihat juga Video: Hore! Pemerintah Guyur Rp 500 M untuk Ongkir Harbolnas Lebaran

[Gambas:Video 20detik]



4. Banjir Diskon
Nah dalam waktu dekat pun pemerintah dan penyedia jasa toko online sedang memberikan banjir diskon untuk belanja online. Pemerintah menetapkan hari Bangga Buatan Indonesia (BBI) mulai tanggal 5 Mei besok.

CEO Tokopedia William Tanuwijaya mengatakan bakal ada diskon selama belanja online saat hari Bangga Buatan Indonesia. Semua tersedia di 72 platform e-commerce Indonesia termasuk Tokopedia.

"Promosinya tidak hanya di Tokopedia, terakhir saya dapat informasi dari asosiasi 72 paltform dari tanggal 5-13 Mei akan ada promosi yang luar biasa," bebernya.

William menjelaskan contoh diskon yang ada di Tokopedia yakni berupa gratis ongkos kirim (ongkir), hingga voucher cashback.

"Dari Tokopedia misalnya akan ada promosi gratis ongkos kirim, voucher cashback dan tentunya promosi-promosi lainnya yang bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia," tuturnya.

Gimana? Belanja untung bikin untung kan daripada desak-desakan di Tanah Abang?

(hal/fdl)