Ingat! Cek Bansos 2021 Kini di https://cekbansos.kemensos.go.id

Aulia Damayanti - detikFinance
Selasa, 04 Mei 2021 16:02 WIB
Sejumlah bantuan sosial (bansos) bakal cair lagi di tahun 2021 ini. Salah satunya bansos tunai sebesar Rp 300 ribu per bulan.
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Jangan lupa! Website untuk mengecek bantuan sosial (bansos) 2021 telah berubah. Kementerian Sosial (Kemensos) mengganti alamat sebelumnya https://dtks.kemensos.go.id, menjadi https://cekbansos.kemensos.go.id.

Dengan website terbaru ini, diharapkan seluruh data yang memiliki identitas tunggal dan Nomor Identitas Kependudukan (NIK) sepadan dengan data kependudukan yang dikelola Kementerian Dalam Negeri dalam hal ini Direktorat Jenderal Kependudukan dan pencatatan sipil. Tujuannya agar data penerima bansos 2021 lebih tepat sasaran.

"DTKS sepanjang bulan Maret telah dipulihkan integritasnya dan ditetapkan pada 1 April 2021 melalui Kepmensos No 12/HUK/2021 sehingga menjadi New DTKS," kata Menteri Sosial, Tri Rismaharini dalam jumpa pers, dikutip Selasa (4/5/2021).

Melalui website terbaru itu, masyarakat bisa mengecek penerimaan bansos 2021, dari Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Bantuan Sosial Tunai.

Berikut ini cara terbaru mengecek penerimaan Bansos 2021 di https://cekbansos.kemensos.go.id, :

1. Kunjungi website https://cekbansos.kemensos.go.id
2. Isi data provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa tempat Anda tinggal
3. Ketik nama Anda sesuai KTP
4. Masukkan 4 huruf kode yang tertera dalam kotak kode
5. Jika tidak jelas huruf kode, klik kotak kode tersebut untuk mendapatkan kode baru Lalu klik tombol cari.

Dengan website terbaru diharapkan dapat memenuhi Hak Informasi Publik dan meningkatkan transparansi penyaluran bansos ke depannya.

"Fitur dan kemampuan aplikasi cekbansos akan terus ditingkatkan sejalan dengan kebutuhan ke depan dan masukan serta harapan masyarakat," kata Risma.

Simak juga 'Lewat THR-Bansos, Pemerintah Harap PDB Kuartal 2 2021 Tumbuh Positif':

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)