Siapin Kantong! Belanja di Toko Online Besok Gratis Ongkir-Potongan Harga

Anisa Indraini - detikFinance
Selasa, 04 Mei 2021 16:42 WIB
Ilustrasi Belanja Online
Foto: shutterstock
Jakarta -

Pemerintah menetapkan 5 Mei yang jatuh besok sebagai hari Bangga Buatan Indonesia (BBI). Dalam peringatan ini, akan banjir diskon jika belanja di toko online.

Ketua Umum Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA), Bima Laga mengatakan bakal ada tawaran menarik jika masyarakat belanja online dalam periode 5-13 Mei 2021. Semua tersedia di 72 platform yang terlibat dalam hari BBI itu.

"Ini merupakan wujud nyata gotong royong dan kepedulian industri e-commerce bersama pemerintah terhadap kondisi saat ini untuk memperbaiki kondisi perekonomian masyarakat," kata Bima kepada detikcom, Selasa (4/5/2021).

Tawaran menarik itu beragam mulai dari gratis ongkos kirim (ongkir), hingga potongan harga atau cashback. Mengingat dalam peringatan BBI, fasilitas itu bisa didapatkan jika membeli produk lokal.

"Untuk mendukung pelaku usaha lokal dan UMKM agar bisa berjaya di negeri sendiri. Intinya kami berharap program ini akan bisa membantu konsumen dalam memenuhi kebutuhannya selama Ramadan dan jelang Idul Fitri mendatang," imbuhnya.

Bima menyebut promo gratis ongkir sepenuhnya akan ditanggung platform peserta hari BBI itu. Pemerintah hanya mendukung program ini melalui sosialisasi, hingga edukasi ke masyarakat melalui berbagai kanal promosi yang sudah disepakati.

"Jadi perlu diluruskan berita yang beredar bahwa pemerintah yang akan menanggung ongkos kirim. Ongkos kirim akan sepenuhnya menjadi tanggung jawab platform e-commerce yang mengikuti acara ini," tuturnya.

Hari BBI yang diperingati menjelang Idul Fitri diharapkan dapat meningkatkan aktivitas ekonomi karena masyarakat banyak berburu kebutuhan Lebaran. Untuk info selengkapnya bisa kunjungi laman www.banggabuatanindonesia.co.id.

(aid/dna)