Survei: Capai 57%, Shopee Sumbang Omzet Terbesar untuk UMKM

Angga Laraspati - detikFinance
Selasa, 04 Mei 2021 16:46 WIB
Shopee
Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto
Jakarta -

Sebuah survei dilakukan oleh Katadata Insight Center (KIC) terhadap sumbangan omzet sejumlah marketplace di Indonesia terhadap UMKM. Hasilnya, Shopee didapuk sebagai platform penyumbang omzet terbesar yang membantu UMKM bertahan selama pandemi.

Di dalam survei yang berjudul 'MSME Study Report 2021: Peran Marketplace bagi UMKM' menempatkan Shopee diurutan pertama dengan raihan 57%. Kemudian diikuti, Tokopedia di peringkat kedua dengan raihan 28%, Lazada 6%, Bukalapak 3%, Blibli 2% dan 3% dari marketplace lainnya.

Riset tersebut juga mengungkapkan pandemi COVID-19 sangat mempengaruhi omzet di bisnis offline dan membuat pelaku usaha beralih membuka usaha secara online.

"Beberapa pelaku usaha bahkan menutup usaha offline, beralih ke online atau setidaknya memadukan penjualan offline dengan online," kata Manajer Survei Katadata Insight Center (KIC), Vivi Zabkie dalam keterangan tertulis, Selasa (4/5/2021).

Banyaknya program promo yang dihadirkan oleh platform seperti Shopee, membuat UMKM merasakan berbagai manfaat berjualan di marketplace. Program promo, seperti gratis ongkir, cashback dan diskon yang diberikan, ternyata sangat memberikan dampak untuk meningkatkan penjualan UMKM.

Sebanyak 89% UMKM pengguna Shopee mengaku sangat merasakan dampak berbagai program promo yang diberikan. Diikuti 45% UMKM pengguna Tokopedia dengan berbagai program promonya, 17% UMKM pengguna Lazada, 12% pengguna UMKM Blibli dan 11% pengguna Bukalapak.

Sementara itu, Shopee juga unggul dari sisi pemasaran produk atau toko dengan baik, sebanyak 85% UMKM merasakan manfaat ini, diikuti 53% UMKM yang menggunakan Tokopedia, 33% UMKM pengguna Lazada, 17% UMKM pengguna Bukalapak dan 12% UMKM pengguna Blibli.

Dari sisi keamanan, riset ini menyimpulkan marketplace dinilai aman untuk bertransaksi (69%) dan mudah digunakan atau user friendly (66%). Para UMKM mengaku merasa aman dalam melakukan aktivitasnya melalui platform digital.

Shopee juga tercatat mengungguli marketplace lain dari segi keamanan yang dapat dilihat dari hasil survei terhadap responden dari masing-masing pengguna UMKM platform yang menunjukkan tingginya rasa aman yakni Shopee 92% dan Tokopedia 72%, diikuti Bukalapak 35%, Lazada 36% dan Blibli 40%.

Tonton juga Video: Perjuangan Pelaku UMKM Pertahankan Bisnis di Tengah Pandemi

[Gambas:Video 20detik]



(ega/hns)

Tag Terpopuler