Sehari Jelang Larangan Mudik, Terminal Kampung Rambutan Sepi

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 05 Mei 2021 11:16 WIB
Sehari Jelang Larangan Mudik, Terminal Kampung Rambutan Sepi
Foto: Herdi Alif Al Hikam/detikFinance
Jakarta -

Larangan mudik 2021 bakal berlaku secara efektif besok. Otomatis hari ini menjadi kesempatan terakhir masyarakat buat ke luar kota, termasuk kalau ingin mudik.

Meski menjadi hari terakhir boleh wira-wiri ke luar kota, Terminal Kampung Rambutan justru terpantau sepi.

Dari pantauan detikcom, Rabu (5/5/2021), tidak tampak adanya penumpang yang membludak hari ini di terminal yang melayani bus antarkota antarprovinsi (AKAP) itu.

Banyak kursi di ruang tunggu yang kosong melompong, meskipun masih ada juga masyarakat yang mau mudik dan menunggu bus di ruang tunggu.

Meski begitu, para petugas tiket bus dengan sigap mencegat siapapun yang baru tiba di terminal. Mereka langsung menawarkan tiket bus ke semua orang yang tiba di terminal.

"Ke mana mas? Mau ke Solo bisa, Yogyakarta bisa," ujar salah satu petugas tiket yang menghampiri.

Sehari Jelang Larangan Mudik, Terminal Kampung Rambutan SepiSehari Jelang Larangan Mudik, Terminal Kampung Rambutan Sepi Foto: Herdi Alif Al Hikam/detikFinance

Di sisi lain beberapa petugas melakukan pengecekan protokol kesehatan mulai dari ruang tunggu hingga menuju bus-bus yang terparkir.

"Maskernya bapak ibu jangan lupa dipakai, jangan cuma dicantel di leher ya," ujar salah satu petugas perempuan menggunakan pengeras suara.

Kepala UPT Terminal Bus Kampung Rambutan Made Jony mengungkapkan memang hari ini justru terminal akan sepi. Dia memprediksi hal tersebut karena banyak bus-bus yang berhenti operasi hari ini, khususnya bus jarak jauh.

Made mengatakan para operator takut terjebak larangan mudik usai mengantar penumpang ke daerah tujuan mengingat larangan mudik bakal berlaku tengah malam ini.

"Pantauan hari ini penumpang memang terlihat sangat menurun kembali, karena bus-bus jarak jauh mulai banyak berhenti operasi. Banyak bus jarak jauh yang perjalanan di atas 12 jam nggak operasi, dikhawatirkan mereka kena larangan mudik untuk besok pas mau balik," ungkap Made.

Berlanjut ke halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2