Pemudik Ini Pede Pulang Kampung ke Sumsel karena Sudah Divaksinasi

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 05 Mei 2021 13:11 WIB
Sehari Jelang Larangan Mudik, Terminal Kampung Rambutan Sepi
Terminal Kampung Rambutan/Foto: Herdi Alif Al Hikam/detikFinance
Jakarta -

Larangan mudik lebaran 2021 bakal diberlakukan besok demi menekan penyebaran COVID-19. Namun, beberapa masyarakat ada yang nekat mudik sebelum larangan mudik berlaku.

Andrika, pemudik asal Depok mengaku sebetulnya dia sedikit khawatir tertular COVID-19 saat mudik. Dia mengatakan akan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

"Rasa takut mah ada, mana saya bawa bayi belum bisa dipakaikan masker, ini aja saya kasih face shield. Istilahnya saya bismillah aja lah, jaga diri aja di sana, sama orang juga kalau nggak kenal nggak mau deket-deket," ungkap Andrika saat ditemui detikcom di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Rabu (5/5/2021).

Dia juga mengatakan sudah melakukan vaksinasi COVID-19 jadi lumayan pede untuk melakukan banyak aktivitas, termasuk mudik.

"Saya juga kan sudah divaksin, insyaallah nggak apa-apa, lebih percaya diri mau keluar-keluar begini. Anak istri insyaallah aman, sebelum jalan juga istri sudah dites kok, vitamin juga diminum," kata Andrika.

Sederet barang penangkal COVID-19 pun sudah disiapkan Andrika untuk perlindungan di jalan. Masker saja, dia mengatakan sudah membawa cadangan. Dia menyebutkan dirinya akan ganti masker tiga kali selama perjalanan dari Jakarta ke kampung halamannya.

"Saya semua bawa, masker aja yang cadangan bawa, dari sini Sumatera aja kan 18 jam. Makanya saya bakal tiga kali ganti masker, dari sini ke penyeberangan, terus di kapal sampe Bandar Lampung, terus ganti lagi dari situ ke perjalanan sampai rumah. Hand sanitizer juga dibawa," ungkap Andrika.

Sementara itu, Vania, pekerja swasta yang mau mudik ke Bandung ini mengaku tak mau memikirkan tertular COVID-19 saat mudik. Dia mengatakan kalau takut, dirinya tidak akan bisa pulang.

"Yakin aja deh saya mah, insyaallah nggak apa-apa. Kalau mau takut nggak bisa pulang-pulang kita, kasihan nih orang tua minta saya pulang mulu," ungkap Vania.

Vania menyatakan dirinya juga akan menerapkan protokol kesehatan. Masker cadangan sudah dibawanya, itu pun dia menggunakan dua masker, yang sekali pakai dan kain.

"Persiapannya ya udah aja ikutin prokes bawa masker, pake masker, ini saya biasa bawa banyak tiap hari, asal basah keringetan saya ganti. Ini juga saya dobel sama yang kain. Cuci tangan juga bawa," kata Vania.

(hal/ara)