Ragam Alasan Masyarakat Nekat Mudik Meski Sudah Dilarang

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Rabu, 05 Mei 2021 16:04 WIB
Terminal 2 Bandara Soetta Ramai Jelang Larangan Mudik
Foto: Achmad Dwi Afriyadi
Jakarta -

Pemerintah memutuskan untuk melarang mudik dari tanggal 6-17 Mei 2021. Meski begitu, ada sejumlah orang yang mudik terlebih dahulu alias colong start.

Salah seorang calon penumpang, Mei mengaku, dirinya mudik ke Riau tahun ini karena sudah lama tak berjumpa dengan keluarga.

"Ya emang udah lama nggak ketemu orang tua. Terus yang membatasi kan emang hari ini, jadi nggak masalah. Kecuali berangkatnya besok, di sini kan juga mengikuti aturan, kan terakhir hari ini makanya cepet-cepet berangkat ya hari ini," katanya kepada detikcom di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, Rabu (5/5/2021).

Ia sendiri mengaku khawatir andai dirinya positif COVID-19 dan menularkan orang di kampung halamannya. Namun, ia akan mengantisipasi hal tersebut dengan tes COVID-19 lagi.

"Kalau khawatir sih ada, tapi kita kan sudah swab juga, nanti mungkin di sana bisa swab lagi," katanya.

Calon penumpang lain, Mona menuturkan, dirinya mudik ke Padang karena sudah direncanakan jauh hari. Ia mengaku akan melangsungkan pernikahan.

"Aku sebelumnya itu jauh hari rencanain aku mau nikah, jadi persiapannya sudah matang semua, baru pemerintah larang pulang, jadi ya udah aku pulang deh. Dari kantor juga ada toleransi ya udah pulang yang penting kan kita cuci tangan, jaga jarak, semua protokol kita jalanin," ujarnya.

Sama seperti Mei, Mona juga khawatir jika dirinya membawa virus. Namun, ia mengatakan akan menerapkan protokol kesehatan.

"Kalau dari aku yang penting pertama protokol itu tetap dijalankan. Terus nggak sampai terlalu panik, kalau kita panik orang tua juga ikutan panik, panik menurutku meningkatkan kemungkinan terkena, daya tahan tubuh jadi turun. Yang penting protokol kesehatan aja sih, sama jaga kesehatan juga," katanya.

(acd/eds)