Mau Pakai Jasa ART Infal Setelah Lebaran? Cek di Sini Tarifnya Ya Bun

Tim detikcom - detikFinance
Rabu, 05 Mei 2021 19:49 WIB
Shot of a young woman cleaning her living room
Foto: Getty Images/PeopleImages
Jakarta -

Musim lebaran identik dengan mudik ya. Karena tahun ini Indonesia masih dilanda pandemi, maka dari itu pemerintah melarang masyarakat untuk mudik selama periode tertentu.

Mendengar peraturan ini, ART yang bekerja di rumah mungkin lebih memilih untuk izin pulang kampung lebih awal sebelum tanggal yang ditentukan, ya. Karena itu, harus segera mencari pengganti agar enggak kewalahan mengurus pekerjaan rumah tangga sendirian.

Enggak perlu khawatir dan bingung mencari orang yang bersedia menggantikan Asisten Rumah Tangga (ART) nih. Masyarakat bisa langsung menyewa ART infal dari yayasan atau lembaga terpercaya, lho.

ART Infal adalah ART sementara yang akan menggantikan pekerjaan ART reguler atau ART tetap. Tapi jangan khawatir, para calon pekerja sebelumnya sudah menjalani berbagai tes kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan. Jadi sudah dipastikan ART yang bekerja dengan sehat dan aman.

Menurut pemimpin Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Tiara Cipta, Ami Sutarmi, ART infal bisa sewa dengan jangka waktu mulai dari 10 hari hingga satu bulan lamanya. Namun, mengingat masa pandemi, Ami menyarankan untuk menyewa ART infal dengan paket bulanan.

"Khusus dimasa pandemi, lebih aman menggunakan yg bulanan," kata Ami beberapa waktu lalu.

"Selain karena peraturan pemerintah yang masih berubah, kadang peraturan daerah juga mempersulit pekerja. Juga kalau memakai yang harian, patut dipertimbangkan apakah nantinya bisa langsung dapat pekerja regularnya."

"erus pekerja yg digantikan ini, apakah pasti kembali dalam kondisi sehat mengingat penyebaran COVID sudah tidak pandang dari mana mereka berasal," sambung Ami.

Selain itu Ami juga membeberkan tarif ART infal sebelum, saat, hingga seusai lebaran, nih. Klik baca halaman berikutnya ya, .

Mau tahu informasi lebih lengkapnya? Buka halaman selanjutnya di sini ya.

(dna/dna)