Fakta-fakta 100 Perusahaan Lebih Belum Lunasi THR 2020

Vadhia Lidyana - detikFinance
Kamis, 06 Mei 2021 07:03 WIB
Ilustrasi THR
Foto: shutterstock
Jakarta -

Ada lebih dari 100 perusahaan yang diketahui belum melunasi, bahkan belum membayar tunjangan hari raya (THR) tahun 2020 kepada pekerja.

"Ternyata masih ada 100-an perusahaan di tahun 2020 yang masih belum melunasi secara penuh, bahkan mungkin belum membayar apapun kepada buruh," ungkap Anggota Ombudsman Robert Na Endi Jaweng dalam konferensi pers virtual, Rabu (5/5/2021).

Hal itu disebabkan perusahaan memang memperoleh kelonggaran membayar THR tahun 2020. Pasalnya, pemerintah memperbolehkan perusahaan yang terdampak COVID-19 untuk membayar THR dengan mencicil.

Menurut Robert, jumlah tersebut tidaklah sedikit dan sangat berdampak pada tenaga kerja.

"Satu adalah yang carry over, yang lanjutan 2020, jangan dilihat angkanya segitu saja, itu sesuatu yang signifikan dari sisi hak normatif buruh sesuatu yang penting untuk kita pantau dan awasi," tegas Robert.

1. Kemnaker Akui Ada Ratusan Perusahaan Belum Lunasi THR 2020

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) pun membenarkan laporan bahwa ada 100-an perusahaan belum membayar THR tahun 2020. Hal itu disampaikan oleh Direktur Bina Pemeriksaan Norma Ketenagakerjaan, Ditjen Binwasnaker dan K3, Kementerian Ketenagakerjaan, Yuli Adiratna.

"Di tahun yang lalu atau 2020 masih menyisakan berbagai permasalahan yang belum selesai THR-nya, tadi disampaikan sekitar 100-an ya memang seperti itu," ungkap Yuli.

Ia mengatakan, pihaknya terus mendorong perusahaan untuk menyelesaikan persoalan tersebut dengan pekerja.

"Nanti penyelesaiannya juga akan kita lihat dari sisi regulasinya seperti apa. Kalau ada permasalahan yang belum selesai, kita upayakan terus untuk bisa diselesaikan oleh perusahaan termasuk koordinasi dengan teman-teman di daerah," imbuh Yuli.

Lihat juga Video: PNS Keluhkan THR Tanpa Tukin, Tito: Kita Harus Bersyukur

[Gambas:Video 20detik]