Dalam 2 Hari, Jeff Bezos Jual Saham Amazon Rp 2,8 T

Hendra Kusuma - detikFinance
Kamis, 06 Mei 2021 09:12 WIB
Kantor lama amazon
Foto: Dok. Amazon.com
Jakarta -

CEO Amazon, Jeff Bezos tercatat telah menjual saham perusahaannya hampir US$ 2 miliar atau setara Rp 2,8 triliun (Kurs Rp 14.00) dalam dua hari di pekan ini. Hal itu berdasarkan pengajuan ke Securities and Exchange Commission yang disusun OpenInsider.

Rincian penjualan saham Amazon oleh Bezos, mengutip CNBC, Kamis (6/4/2021), pada hari Selasa dijual sekitar US$ 684 juta, sementara hari Senin tercatat kurang lebih US$ 1,27 miliar. Jika digabungkan maka, orang terkaya di dunia ini telah menjual US$ 1,95 miliar saham Amazon dalam dua hari terakhir.

Menurut pengajuan, transaksi ini dilakukan sebagai bagian dari rencana perdagangan yang telah diatur sebelumnya. Namun pihak dari Amazon belum bersedia mengomentari penjualan saham tersebut.

Adapun, kejadian penjualan saham ini terjadi setelah Amazon merilis laporan keuangan kuartal I-2021, di mana pendapatan perusahaan mengalami peningkatan.

Pelepasan saham Amazon oleh Bezos ini bukan hal yang pertama, pria berharta US$ 177 miliar atau Rp 2.478 triliun ini sebelumnya telah melepas saham senilai US$ 4,1 miliar di Februari 2021, dan menjual lebih dari US$ 3 miliar saham Amazon pada November 2020.

Sebelumnya, pendiri Amazon mengatakan akan menjual sekitar US$ 1 miliar saham perusahaan setiap tahunnya untuk mendanai eksplorasi luar angkasa, Blue Origin.

Bezos juga mengalokasikan modal tambahan untuk Day One Fund, sebuah organisasi yang telah diluncurkan pada September 2018. Organisasi ini akan memberikan pendidikan kepada masyarakat kelompok berpenghasilan rendah dan memerangi tunawisma.

Lihat juga Video: Mundur dari CEO Amazon, Jeff Bezos Masih Tetap Berpengaruh

[Gambas:Video 20detik]



(hek/zlf)

Tag Terpopuler