Jeff Bezos Lelang Tiket Liburan ke Luar Angkasa, Mau?

Hendra Kusuma - detikFinance
Kamis, 06 Mei 2021 10:00 WIB
WASHINGTON, DC - MAY 09: Jeff Bezos, owner of Blue Origin, introduces a new lunar landing module called Blue Moon during an event at the Washington Convention Center, May 9, 2019 in Washington, DC. Bezos said the module will be used to land humans the moon once again.
 (Photo by Mark Wilson/Getty Images)
Foto: Mark Wilson/Getty Images
Jakarta -

Setelah menghabiskan lebih dari enam tahun mengembangkan roket wisata antariksa, new Shepard. Blue Origin akhirnya menetapkan tanggal untuk misi komersial pertamanya, yaitu pada 20 Juli.

Berdasarkan CNN, Kamis (6/4/2021), siapapun pun berhak mengajukan penawaran melalui situs atau website resmi perusahaan. Adapun penawaran pertama akan dibuka dari tanggal 5 hingga 19 Mei, lelang akan dilanjutkan hingga 12 Juni.

Hasil lelang akan disumbangkan ke Club for The Future, salah satu yayasan yang berfokus pada remaja untuk memberikan inspirasi anak-anak untuk mempelajari sains dan teknologi.

Sampai saat ini masih belum jelas berapa harga tiket yang akan dijual. Blue Origin juga tidak mengatakan siapa yang akan berada di dalam penerbangan pertama. Adapun, kursi yang dilelang hanya ada satu dan itu bisa diikuti oleh semua orang dalam penerbangan pertama untuk wisata luar angkasa.

Kriteria yang bisa bepergian ke luar angkasa antara lain berusia 18 tahun ke atas, memiliki kondisi fisik yang cukup baik untuk menaiki tujuh anak tangga dalam satu setengah menit, tinggi sekitar 5 sampai 6,4 dan berat 110 pon dan 223 pon. Penumpang juga harus dapat mengencangkan dan melepas sabuk pengaman dalam waktu kurang lebih 12 detik, menghabiskan waktu hingga setengah jam diikat ke dalam kapsul dengan palka tertutup, dan menahan kejutan hingga 5,5G saat turun.

New Shepard terdiri dari dua bagian kapsul yang dapat digunakan kembali, berbentuk seperti kubah kecil dengan jendela persegi panjang, dilengkapi pendorong roket setinggi 60 kaki. Kapsul ini dirancang untuk terlepas dari roket di dekat puncaknya atau mendekati ketinggian lebih dari 60 mil.

Secara keseluruhan, penumpang masa depan akan menghabiskan waktu 10 menit di udara dan mendaki hingga ketinggian 60 mili di atas bumi.

Harga tiket Blue Origin telah menjadi bahan spekulasi selama bertahun-tahun. Virgin Galactic, milik Richard Branson telah lama menjual tiket pariwisata luar angkasa. Virgin Galactic memiliki simpanan lebih dari 600 orang yang akan membayar antara US$ 200 ribu dan US$ 250 ribu untuk perjalanan ke luar angkasa.

Lihat juga Video: Mundur dari CEO Amazon, Jeff Bezos Masih Tetap Berpengaruh

[Gambas:Video 20detik]



(hek/zlf)

Tag Terpopuler