Ini Daftar Platform Untuk Bayar Zakat Online dan Tata Caranya

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 07 Mei 2021 11:21 WIB
Concept of zakat in Islam religion. Selective focus of money and rice with alphabet of zakat on wooden background.
Ilustrasi/Foto: Getty Images/iStockphoto/Mohamad Faizal Bin Ramli
Jakarta -

Bayar zakat online menjadi salah satu pilihan bagi masyarakat untuk bisa menunaikan pembayaran zakat. Muzaki atau pembayar zakat tak perlu lagi mendatangi kantor atau tempat masjid yang mengelola zakat.

Pengamat Ekonomi Syariah IPB, Irfan Syauqi Beik mengungkapkan metode bayar zakat online baik untuk zakat maal dan fitrah itu sah. Hal ini karena pada dasarnya ijab qabul dalam zakat mengalami perubahan dan perkembangan metode pembayaran.

"Intinya sama, ada proses yang memastikan bahwa antara pihak yang satu dan yang lain memiliki kesepahaman dalam proses tersebut," kata dia kepada detikcom.

Irfan mengingatkan bagi muzaki yang mau bayar zakat online, hal paling penting yang mesti diperhatikan adalah memilih lembaga pengelola yang kredibel.

Hal itu dilakukan untuk meminimalisir pembayaran zakat yang salah sasaran. Selain itu juga harus memperhatikan rekam jejak lembaga penggalang dana.

"Kalau mau berzakat itu harus diperhatikan lembaganya. Bisa Baznas, Dompet Dhuafa, Rumah Zakat atau lembaga lain," kata Irfan.

Lalu bagaimana cara bayar zakat online? Klik halaman selanjutnya.