Terima Kasih Pak Jokowi, Pedagang Bipang Ambawang Kebanjiran Order

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 10 Mei 2021 12:45 WIB
Jokowi Sebut Bipang Ambawang Sebagai Oleh-oleh Lebaran, Apa Itu Bipang?
Foto: detikvisual/iStock
Jakarta -

Pernyataan Presiden Joko Widodo soal bipang Ambawang menjadi viral dan heboh diperbincangkan masyarakat. Namun, hal ini nyatanya membawa berkah bagi para pedagang kuliner khas Kalimantan Barat ini.

Deky Junaedi, salah satu pemilik restoran Babi Panggang Ambawang di Kubu Raya, Kalimantan Barat, mengaku kebanjiran pesanan dari toko daring miliknya pada Sabtu (8/5/2021) usai bipang Ambawang heboh dibicarakan.

Penjualan bipang milik Deky bahkan meroket dua kali lipat dibanding hari-hari normal usai Jokowi menyebut kuliner khas Kalbar tersebut dalam pidatonya yang viral.

Menurutnya kuliner khas kampung halamannya kini menjadi sorotan masyarakat dan dikenal secara nasional. Bahkan, bipang Ambawang usai viral karena pidato Jokowi, tak lagi jago kandang. Deky menyebut dagangannya mulai menerima pesanan dari Jakarta dan kota besar lainnya.

"Sebagai salah satu orang yang bergerak di kuliner lokal, saya senang dan bangga dengan perhatian pemerintah. Kenaikan order ada, kalau dari online itu dua hari ini ada dua kali lipat dari normal," cerita Deky dilansir dari CNN Indonesia, Minggu (9/5/2021).

Seakan mendapat promosi gratis dari Presiden, ia juga mengaku kebanjiran pengikut (followers) di akun sosial media. Di Instagram, Deky menyebut sejak bipang menjadi trending, dalam dua hari terakhir akun sosmed @bipangambawang mendapat 2.000 followers baru.

"Sekarang karena Pak Jokowi, jadi banyak yang tahu, dulunya berusaha sendiri, marketing sendiri, endorse dari bawah ke pelanggan. Nah, ada Jokowi, jadi se-Indonesia jadi tahu," beber Deky.

Tidak hanya kedapatan enaknya saja, Deky juga sejak kemarin harus meladeni masyarakat yang menghubungi restoran karena iseng. Belum lagi, komentar-komentar nyinyir dari para netizen.

Apapun itu, ia tak mau ambil pusing, Deky ingin melihat ke sisi positifnya, yaitu semakin banyak kuliner daerah yang mulai dikenal secara nasional.

Lihat Video: Mendag Klarifikasi Pidato Jokowi Promosikan Bipang Ambawang

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2