Marketing Level Dewa di Balik Melejitnya Popularitas Bipang Ambawang

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 10 Mei 2021 17:50 WIB
Jokowi Sebut Bipang Ambawang Sebagai Oleh-oleh Lebaran, Apa Itu Bipang?
Foto: detikvisual/iStock
Jakarta -

Bipang Ambawang mendadak ramai diperbincangkan usai masuk ke dalam pidato Presiden Joko Widodo dan viral di media sosial. Di balik kontroversinya, nyatanya bipang memberikan berkah bagi pedagang babi panggang khas Kalimantan Barat ini.

Pedagang babi panggang mengaku kebanjiran order usai bipang Ambawang jadi ramai diperbincangkan. Deky Junaedi, salah satunya. Pemilik restoran Babi Panggang Ambawang di Kubu Raya, Kalimantan Barat ini mengaku penjualan bipang olahannya meroket dua kali lipat dibanding hari-hari normal usai Jokowi menyebut kuliner khas Kalbar tersebut dalam pidatonya yang viral.

Dari kaca mata ilmu marketing, sebesar apa peran pidato Presiden Jokowi dalam naiknya pamor bipang ambawang?

Menurut pakar marketing Yuswohady, pidato Jokowi soal produk kuliner jadi modal utama dalam membangun sebuah brand atau merek. Hal itu membangun pengetahuan mengenai apa itu bipang Ambawang.

Yuswohady menilai pidato Jokowi sangat besar dampaknya dalam menarik perhatian dan membangun pengetahuan mengenai bipang Ambawang. Saat ini menurutnya banyak orang yang awalnya tidak tahu menjadi tahu soal apa itu bipang Ambawang.

Dia menyebutkan bipang Ambawang sangat beruntung bisa mendapatkan endorsement usai disebutkan Jokowi dalam pidatonya yang viral. Di tempat lain, banyak perusahaan yang menghabiskan miliaran rupiah untuk bisa mendapatkan modal ini untuk produknya.

"Kalau brand besar bangun awareness itu puluhan miliar, ini bipang di-shortcut dengan omongan Presiden. Ini adalah kampanye marketing yang sangat powerful. Bayangkan, yang ngomong Presiden kan, omongannya pasti didengar semua orang kita gitu," ungkap Yuswohady kepada detikcom, Senin (10/5/2021).

"Saya aja awalnya nggak tahu, setelah diomongin Presiden dan ramai juga di tengah masyarakat semua orang jadi tahu," ujarnya.

Nah setelah pengetahuan soal bipang Ambawang terbangun, baru lah orang penasaran dan mulai mencoba memesan bipang untuk mengetahui rasanya. Makanya, dia tak heran bila restoran bipang banyak yang kebanjiran order.

"Ketika pak Jokowi ngomong bipang ambawang, orang nggak tahu jadi tahu, orang jadi penasaran dan mau coba gitu, nah kebanjiran order deh yang jual," ungkap Yuswohady.

Simak Video: Mendag Klarifikasi Pidato Jokowi Promosikan Bipang Ambawang

[Gambas:Video 20detik]