Hari Bangga Buatan Indonesia Ditarget Sumbang PDB Konsumsi Rp 240 T

Nurcholis Maarif - detikFinance
Selasa, 11 Mei 2021 18:20 WIB
Kementerian Perindustrian memaparkan kinerja hingga akhir tahun makro sektor industri. Sektor industri pengolahan non migas memberikan kontribusi terhadap PDB sebesar 17,82%.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Kampanye Hari Bangga Buatan Indonesia (BBI) masih berlangsung sampai saat ini. Kampanye yang digelar mengambil momen Ramadhan dan Lebaran ini diharapkan dapat meningkatkan PDB konsumsi Rp 160-240 triliun atau sekitar 2-3% dari PDB nasional.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan penentuan tanggal penyelenggaraan Hari BBI mempertimbangkan beberapa hal, di antaranya adalah pembayaran THR pekerja yang dibayarkan pada H-10 sebelum Lebaran.

"Selain itu, berdasarkan data tahun-tahun sebelumnya, puncak konsumsi masyarakat di masa Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini akan terjadi pada tanggal 3-5 Mei 2021," ujarnya saat dihubungi detikcom, Selasa (11/5/2021).

"Secara historis, bulan Ramadhan dan Idul Fitri menjadi momentum konsumsi, khususnya pakaian, makanan-minuman, dan hadiah. Ini menjadi potensi untuk meningkatkan PDB Konsumsi sebesar Rp 160-240 triliun (2-3%). Oleh karena itu, penyelenggaraan Hari BBI diarahkan untuk memaksimalkan momentum tersebut," imbuhnya.

Airlangga menjelaskan pada Q2-2021, Pemerintah menargetkan ekonomi dapat tumbuh sampai dengan 6,7-7,8%. Untuk mencapai target tersebut, salah satu cara yang paling feasible adalah dengan menggenjot konsumsi masyarakat, mengingat porsi konsumsi terhadap PDB Indonesia lebih dari 57%.

Diungkapkannya, berdasarkan data tahun-tahun sebelumnya, momentum Idul Fitri dapat memicu kenaikan konsumsi senilai Rp 160-240 triliun atau 2-3% dari PDB. Dengan adanya pelarangan mudik dan pembatasan kegiatan masyarakat pada Idul Fitri tahun ini, diperlukan upaya ekstra untuk mendorong konsumsi agar minimal dapat seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Untuk itu, Pemerintah bekerja sama dengan marketplace menyelenggarakan kegiatan Hari BBI. Harapannya, dengan adanya kampanye Hari BBI, konsumsi di momen Idul Fitri dapat terdorong sehingga target pertumbuhan ekonomi dapat tercapai," ujarnya.

(akn/ega)

Tag Terpopuler