Heboh TKA China 'Serbu' RI, Intip Nih Gajinya

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 12 Mei 2021 17:33 WIB
Sebanyak 41 TKA asal China tiba di Kabupaten Nagan Raya, Aceh, Jumat (11/9). Kedatangan mereka untuk bekerja di proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU).
Foto: ANTARA FOTO/SYIFA YULINNAS
Jakarta -

Warga negara (WN) China berbondong-bondong masuk Indonesia. Kabarnya mereka adalah tenaga kerja di beberapa proyek strategis nasional (PSN).

Ketua Tim Pelaksana Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) Kemenko Perekonomian, Wahyu Utomo, kemungkinan para WN China tadi bakal bekerja untuk proyek smelter atau pembangkit listrik atau industri.

Akan tetapi, Wahyu enggan merinci lebih lanjut terkait banyak WN China yang terlibat di masing-masing proyek itu. Sebab, data terkait kebutuhan WN China di PSN ada di masing-masing kementerian yang menangani proyek tersebut.

"Ada di beberapa proyek smelter atau pembangkit listrik atau industri juga yang menggunakan tenaga WNA dalam pembangunannya. Silahkan, ditanyakan ke masing-masing Kementerian yang membawahi proyek-proyek tersebut," ujar Wahyu kepada detikcom, Sabtu (8/5/2021).

Bekerja jauh dari tanah kelahirannya, berapa gaji TKA China yang bekerja di Indonesia? Buruan klik halaman berikutnya.