Profil Andre Soelistyo dan Patrick Cao, Duo Jenderal GoTo

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Senin, 17 Mei 2021 14:55 WIB
GoTo
Foto: dok GoTo
Jakarta -

Grup GoTo, gabungan dari Gojek dan Tokopedia telah resmi terbentuk. Grup ini akan dipimpin Andre Soelistyo dari Gojek sebagai CEO Group dan Patrick Cao dari Tokopedia sebagai Presiden GoTo.

Selain itu, Kevin Aluwi akan tetap menjabat sebagai CEO Gojek dan William Tanuwijaya akan tetap menjadi CEO Tokopedia.

Dalam keterangan resminya, Senin (17/5/2021), selain tanggung jawab di tingkat grup, Andre juga akan terus memimpin bisnis pembayaran dan layanan keuangan yang dinamakan GoTo Financial. GoTo Financial mencakup layanan GoPay serta layanan keuangan dan solusi bisnis mitra usaha.

Siapa mereka? Ini profil lengkapnya:

1. Andre Soelistyo

GoToAndre Soelistyo/Foto: Dok GoTo

Sebelumnya, Andre menjabat sebagai Co-CEO Gojek. Sejak bergabung dengan Gojek pada tahun 2015, ia memainkan peran penting dalam membangun pondasi yang kuat bagi pertumbuhan dan keberlanjutan bisnis jangka panjang Gojek.

Andre memimpin penggalangan dana Gojek dengan nilai lebih dari US$ 5 miliar dari investor utama seperti Google, Tencent, Astra, KKR dan Warburg Pincus.

Sejak tahun 2020, Andre juga memimpin bisnis pembayaran dan layanan keuangan Gojek serta visi perusahaan untuk mempercepat inklusi keuangan di seluruh Asia Tenggara.

Sebelum bergabung dengan Gojek, Andre sempat menjabat sebagai Direktur Eksekutif Northstar Group, perusahaan private equity di Asia Tenggara. Ia juga sempat menjabat sebagai Head of Corporate Finance di salah satu kontraktor pertambangan batu bara PT Delta Dunia Makmur Tbk. Andre menerima gelar Bachelor of Science dari University of Technology Sydney pada tahun 2005.

2. Patrick Cao

GoToPatrick Cao/Foto: Dok GoTo

Patrick menjabat sebagai Presiden Tokopedia sejak 2016, di mana ia bertanggung jawab atas CFO Office, bisnis teknologi finansial, dan kemitraan global.

Sebelum bergabung dengan Tokopedia, Patrick menjabat sebagai Principal di Formation 8. Dalam perannya ini, ia fokus pada investasi teknologi yang diversifikasi di Asia.

Sebelum Formation 8, Patrick adalah Direktur Eksekutif di UBS Investment Bank, yang mengkhususkan diri dalam M&A dan penasehat pasar modal di sektor konsumen dan industri.

Patrick menerima gelar BS di bidang Administrasi Bisnis dari Carnegie Mellon University. Saat ini, ia sedang menempuh studi untuk meraih gelar MBA di Universitas Tsinghua.

lanjut ke halaman berikutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2

Tag Terpopuler