Wisma Atlet Pernah Terisi sampai 90%, Jokowi: Saya Takut Betul

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 18 Mei 2021 20:15 WIB
Presiden Jokowi
Foto: Biro Pers Setpres
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy ratio (BOR) di Wisma Atlet pernah mencapai 90% oleh pasien COVID-19. Jokowi mengatakan, hal itu sempat membuatnya takut.

Jokowi bilang, jika angka itu tidak turun maka dalam 2 pekan Wisma Atlet bisa penuh.

"Dan juga yang sering saya pakai untuk patokan itu Wisma Atlet. Karena ini memang yang banyak menampung pasien, Wisma Atlet. Pernah di September 2020 di atas 90%, saya ingat betul dan saya takut betul. Sudah diatas 90%. Artinya 2 minggu ke depan tidak bisa turun sudah penuh, dan bisa kolaps rumah sakit kalau sudah di atas angka itu" katanya seperti dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (18/5/2021).

Namun, tingkat BOR Wisma Atlet saat ini sudah turun drastis. Jokowi mendapat laporan BOR Wisma Atlet saat ini 15,5%. "Pagi tadi saya telepon Wisma Atlet yang dulu sempat di atas 90%, hari ini di angka 15,5%," katanya.

Jokowi mengatakan, BOR nasional saat ini 29%. Tapi, ada beberapa provinsi yang BOR-nya di atas 50%. Ia pun mengingatkan agar kepala daerah berhati-hati.

"Ini tolong semua gubernur, bupati, walikota tahu angka-angka ini. Tiga provinsi hati-hati. Sumut BOR-nya 56%, Kepri BOR-nya 53%, Riau BOR-nya 52%. Kalau yang masuk ke rumah sakit banyak artinya memang harus hati-hati, super hati-hati. Karena BOR nasional sudah turun 29%," katanya.

(acd/fdl)