Rekrutmen Gede-gedean, Allied Universal Cari 35.000 Pekerja Baru

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 20 Mei 2021 10:05 WIB
lowongan kerja
Ilustrasi/Foto: shutterstock
Jakarta -

Perusahaan penyedia layanan keamanan, kebersihan dan kepegawaian Amerika Serikat (AS) Allied Universal membuka lowongan pekerjaan untuk 35.000 orang dalam dua bulan ke depan.

Wakil Presiden Senior Perekrutan dan Akuisisi Bakat Allied Universal, Morgan Price mengatakan perekrutan besar-besaran itu dilakukan karena perusahaan melihat banyak bisnis yang sudah mulai beroperasi, layanan keamanan akan banyak dibutuhkan.

"Penggerak terbesarnya sekarang adalah kami melihat banyak pelanggan kami terbuka dan menjalankan bisnis mereka kembali ke jalurnya, atau setidaknya mencoba. Kebutuhan mereka akan profesional keamanan dan layanan kami juga meningkat," kata Price, dikutip dari CNN,Kamis (20/5/2021).

Price menyebut posisi pekerjaan yang terbuka di Allied bervariasi, yakni mencakup profesional keamanan, supervisor, manajer klien dan akun, administratif, pimpinan sumber daya manusia, keuangan, dan penjualan. Lowongan pekerjaan ini dibuka untuk paruh waktu, full time, dan sementara.

Untuk menarik kandidat, Allied menawarkan bonus perekrutan di beberapa bagian negara AS. Biasanya, harganya berkisar dari US$ 1.000 hingga US$ 2.000, tetapi kini bisa lebih tinggi. Misalnya, di California selatan dan di daerah Phoenix, karyawan baru bisa mendapatkan bonus hingga US$ 3.000.

"Kami melakukan apa pun yang kami bisa untuk menarik bakat," ujar Price.

Nantinya jika pelamar lolos dalam pendaftaran, akan melanjutkan proses wawancara yang bisa dilakukan secara langsung, atau melalui video virtual. Selama puncak pandemi, Allied juga mengadakan wawancara drive-thru, di mana kandidat tetap berada di dalam mobil mereka dan pewawancara berdiri di luar.

"Kami dapat melakukannya sepenuhnya dari jarak jauh dan tanpa sentuhan sepenuhnya," ungkap Price.

Price mengungkap, biasanya saat waktu wawancara jika pelamar telah memenuhi syarat dan ketentuan, perusahaan tidak segan-segan memberikan tawaran pekerjaan yang diminati pekerja.

"Kami membuat penawaran langsung dalam proses wawancara, kami biasanya tidak akan membiarkan siapapun pergi tanpa membuat penawaran jika mereka memenuhi syarat dan tertarik," kata Price.

Ini bukan pertama kalinya Allied Universal, menyediakan layanan keamanan dan fasilitas untuk bisnis, termasuk fasilitas perawatan kesehatan, pengecer, dan kantor perusahaan, melakukan dorongan perekrutan besar-besaran.

Pada April 2020, Allied mengumumkan akan mengisi lebih banyak dari 30.000 posisi selama dua bulan berikutnya, tetapi tidak dapat mencapai tujuan itu karena pandemi dan kejatuhan ekonomi.

(eds/eds)