Pesan Jokowi Agar UMKM Jadi Tulang Punggung Nasional

Yudistira Imandiar - detikFinance
Kamis, 20 Mei 2021 18:43 WIB
Presiden Jokowi memberi arahan penanganan covid di Riau.
Foto: Muchlis - Biro Pers
Jakarta -

Presiden Joko Widodo menginginkan produk UMKM mendapatkan tempat strategis di pusat perbelanjaan. Menurutnya, dukungan terhadap produk UMKM sangat penting untuk memompa perekonomian nasional.

Hal itu disampaikan Jokowi dalam pidatonya pada pembukaan Festival UMKM Joglosemar bertajuk Artisan Of Java di Candi Borobudur, Kamis (20/5/2021). Pagelaran tersebut merupakan event puncak dari Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GNBBI).

Jokowi menegaskan semua pihak harus terlibat dan ikut bergerak dalam GNBBI, khususnya untuk memastikan produk-produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi tuan rumah di pasar nasional.

"Beri tempat terbaik bagi UMKM kita untuk memperkenalkan dan memasarkan produk-produknya," kata Jokowi.

Presiden ketujuh RI itu mengatakan usaha tersebut bisa dilakukan memasarkan produk UMKM di area-area-strategis. Salah satunya di area depan tempat perbelanjaan atau mal.

Jokowi pun ingin area-area publik dan transportasi umum yang dikelola Pemerintah dan BUMN gencar mempromosikan produk UMKM. Dengan begitu, tidak hanya pasar nya saja terbuka, tapi daya saingnya juga bisa meningkat.

"Produk UMKM harus lebih banyak mengisi airport, rest area dan tempat-tempat wisata tempat strategis lainnya," kata Jokowi.

Dengan memajukan produk UMKM, Jokowi yakin pemulihan ekonomi nasional bisa terakselerasi. Alhasil pertumbuhan ekonomi pun bisa merata dan UMKM bisa jadi tulang punggung ekonomi nasional di masa depan.

"Bukan di Festival Joglosemar saja, tapi kebangkitan produk dalam negeri pasar nasional dan kompetitif di pasar global dan UMKM naik kelas," imbuhnya.

Sementara itu, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar turut hadir dalam pembukaan Festival Joglosemar. Di sana, Abdul Halim bersama para Menteri Kabinet Indonesia Maju lainnya melakukan beberapa kegiatan, salah satunya mereka bekerja sama menyusun bangunan menyerupai stupa Candi Borobudur di Lumbini Park.

Setelah pembukaan festival, Abdul Halim menyaksikan Pagelaran Busana yang bertajuk Alunan Kidung Cinta. Di akhir acara, Abdul Halim bersama Para Menteri menyambangi pameran UMKM di sekitar Lumbini Park.

Di area pameran itu, Abdul Halim yang didampingi Dirjen Pengembangan Ekonomi dan Investasi Harlina Sulistyorini membeli sepasang jam Tangan dari kayu dan mencicipi kuliner keju buatan lokal.



Simak Video "Menteri Desa: Digitalisasi Jangan Rusak Interaksi Masyarakat Desa"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/mpr)