Jokowi Bakal Sambangi Bandara Jenderal Soedirman 1 Juni

Vandi Romadhon - detikFinance
Kamis, 20 Mei 2021 16:37 WIB
Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi cek pembangun terminal Bandara Jenderal Besar Soedirman
Foto: Vandi Romadhon/detikcom: Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi cek pembangun terminal Bandara JB Soedirman
Purbalingga -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) rencananya akan meresmikan operasional perdana Bandara Jenderal Besar Soedirman (BJBS) di Kabupaten Purbalingga, pada 1 Juni mendatang. Terkait rencana tersebut Pemkab Purbalingga mulai melakukan persiapan.

"Kami menerima informasi dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Dirjen Hubungan Darat hari ini. Benar memang peresmian Bandara Soedirman akan dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo," Kata Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi Kepada Wartawan di Sela-sela Acara MoU dengan Kejari Purbalingga di Pendopo, Kamis (20/5/2021).

Menurut Dyah Pemerintah Kabupaten telah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak. Termasuk Satuan Tugas (Satgas) penanganan Covid-19 dan juga stake holder terkait. Dirinya akan memantau persiapan peresmian bandara Soedirman setiap hari.

"Semoga lancar dan tidak ada kendala sehingga bisa segera operasional," Katanya

Terkait mulai dibukanya penjualan tiket penerbangan dari dan menuju Bandara Jenderal Besar Soedirman oleh maspakai Citilink, Tiwi mengatakan pihaknya mempersilakan saja. Pasalnya memang maskapai tersebut sudah menjalin kerjasama dengan PT Angkasa Pura (AP) II sebagai pengelola bandara untuk membuka rute penerbangan di Bandara Soedirman.

"Rute awal Jakarta-Purbalingga, Kemungkinan juga (tambah) Surabaya-Purbalingga," lanjutnya.

Sebelumnya Executive General Manager Bandara Soedirman, Catur Sudarmono saat mendampingi Bupati Purbalingga meninjau pembangunan terminal penumpang di bandara tersebut Selasa kemarin menyampaikan Bandara Jenderal Besar Soedirman (BJB) siap operasional dan melaksanakan penerbangan perdana (first flight) pada 1 Juni mendatang.

"Kita optimis tanggal 1 Juni 2021 Bandara Soedirman bisa beroperasi, hal itu sesuai hasil rapat dengan tim pengoperasian bandara di Kantor pusat, secara administrasi dan dokumen semua sudah siap. Termasuk sarana dan prasarana komunikasi.Tinggal ini menunggu kesiapan di lapangan mulai dari pembangunan terminal penumpang hingga pavingisasi dan pemasangan pagar. Pavingisasi direncanakan selesai akhir Mei," jelasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, setelah batal beroperasi saat musim mudik lebaran tahun ini, Bandara Jenderal Besar Soedirman (BJBS) Purbalingga direncanakan akan mulai beroperasi 1 Juni 2021.

Informasi tersebut telah disampaikan PT Angkasa Pura II selaku pengelola bandara melalui surat bernomor 12.03/00/05/2021/3728 tertanggal 4 Mei 2021 kepada Bupati Purbalingga.

(hns/hns)