Bagaimana Peluang Startup Game di RI? Ini Kata Sandiaga

Jauh Hari Wawan - detikFinance
Kamis, 20 Mei 2021 21:58 WIB
Sandiaga Uno mendorong agar desa-desa wisata yang ada di Indonesia dapat menghadirkan produk unggulan yang otentik sesuai dengan potensi daerahnya masing-masing.
Foto: Kemenparekraf
Sleman -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno bercerita soal peluang startup game di Indonesia. Hal itu ia utarakan saat acara pertemuan pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif di Puri Mataram, Tridadi, Sleman, Kamis (20/5/2021) yang dihadiri secara daring maupun luring. Apa katanya?

Awalnya, ada salah seorang peserta acara bernama Rizky yang bertanya lewat chat zoom meeting. Peserta tersebut menanyakan soal dukungan dari Kemenparekraf untuk statrtup game based learning.

Sandiaga pun kemudian menceritakan yang dilakukan oleh UMKM berbasis game itu bisa masuk dalam 2 hal. Keduanya ada di sub sektor di bawah Kemenparekraf.

"Jadi yang dilakukan Mas Rizky ini bisa masuk 2 hal, bisa masuk wisata edukasi juga produk ekonomi digital yang dikembangkan oleh kami dalam sub sektor yang disebut aplikasi dan game, jadi ada 2 sub sektor yang saling berdekatan," kata Sandiaga.

Menurutnya, sejauh ini Kementerian telah memberikan dukungan terhadap perkembangan pelaku UMKM yang berkecimpung di dunia game. Ada program khusus dari kementerian yang bisa membantu pelaku usaha tersebut.

"Kita kebetulan punya program Baparekraf Developer Day oleh karena itu kita akan meningkatkan keterampilan dari teman-teman khususnya di sisi develop aplikasi dan game juga," jelasnya.

"Jadi nantinya bukan hanya bisa masuk dalam platform online tapi juga adalah konten," sambungnya.

Lebih lanjut, Sandiaga juga melihat perkembangan e-Sport di Indonesia semakin pesat. Sebagai salah satu orang yang aktif di dunia tersebut ada banyak hal yang bisa digarap.

"Karena tentunya yang menarik, saya aktif di e-Sport, di e-Sport ini selain menarik daripada game, ada komentatornya, juga ada dari segi cara bermainnya dengan trik-triknya dimasukkan ke Youtube," sebutnya.

Oleh karena itu, untuk membangun iklim startup game, Sandiaga menekankan pada peningkatan keterampilan.

"Jadi ini menarik, kita bisa membangun ekonomi kita lebih kuat di masa depan dengan modern, adil dan juga kekinian dan kita tidak bisa dengan ide yang lama. Kita harus ada ide baru yang inovatif, beradaptasi dan kolaborasi," pungkasnya.

(hns/hns)