Kemampuan Bahasa Inggris Sekolah Kedinasan Kemenhub Diadu, Siapa Juaranya?

Tim detikcom - detikFinance
Sabtu, 22 Mei 2021 09:09 WIB
Para siswa Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) berkunjung dan melihat langsung KN Tanjung Datu Bakamla RI, yang bersandar di Pelabuhan JICT, Tanjung Priok, Jakarta.
Foto: Pool
Jakarta -

Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta ditetapkan sebagai Juara Umum Indonesian Transportation English Olympics (ITEO) 2021. Dari delapan kategori perlombaan, STIP Jakarta berhasil meraih juara pertama di lima katagori.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat menutup kegiatan Indonesian Transportation English Olympics (ITEO) 2021 mengambil tema Excellent and Globally Competitive Human Resources in Transportation mengaku kagum dengan penampilan dari Taruna dan Taruni.

Menurutnya selain memiliki kemampuan akademis dan keahlian di vokasi, para lulusan dari Perguruan Tinggi Badan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan, Kementerian Perhubungan harus memiliki kompetensi bahasa Inggris yang baik.

"ITEO adalah program tahunan Kementerian Perhubungan, dengan tujuanmeningkatkan kemampuan bahasa Inggris dan public speaking para taruna dan taruni. Kemampuan berbahasa Inggris di Perguruan Tinggi tranportasi adalah suatu keharusan," ungkap Budi dalam keterangannya, Sabtu (22/5/2021).

Ia menambahkan, bahasa Inggris adalah bahasa internasional dan dalam bidang transportasi yang terkoneksi secara global, bahasa Inggris pasti menjadi salah satu kualifikasi yang harus dimiliki. Ia juga menekankan pentingnya mengembangkan4C yaitu Critical thinking, Creativity, Collaboration and Communication (pemikiran kritis, kreativitas, kolaborasi dan komunikasi) bagi para taruna taruni transportasi.

"Kepada host ITEO 2021, STIP Jakarta, BPSDM Perhubungan saya ucapkan terima kasih telah menyelenggarkan acara ini dengan sukses.Kepada para pemenang, saya juga mengucapkan selamat dan bangga atas pencapaian taruna taruni semua dan seluruh peserta serta pelatih, yang berpartisipasi, tetap semangat dan terus meningkatkan kemampuan dan jangan patah semangat," katanya.

Budi Karya juga berharap kepada tuan rumah ITEO 2022 yang akan dilaksanakan di Politeknik Penerbangan Surabaya agar dapat dipersiapkan dengan baik, menyiapkan trobosan ataupun hal-hal yang baru yang inovatif dalam penyelenggaraannya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala BPSDM Perhubungan, Zulfikri menjelaskan bahwa pada ITEO 2021di tengah masa pandemi ini dilakukan dengan metode hybrid, online dan on site. ITEO merupakan program olimpiade berbahasa Inggris antar taruna/i yang telah menjadi agenda rutin BPSDM Perhubungan tiap tahunnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2