Bye-bye Giant! Tokonya Bakal Disulap Jadi IKEA dan HERO

Hendra Kusuma - detikFinance
Selasa, 25 Mei 2021 10:46 WIB
Giant Hypermarket
Foto: Dok. Giant
Jakarta -

PT Hero Supermarket Tbk (HERO) mengumumkan lima gerai Giant akan disulap menjadi IKEA. Hal itu diumumkan perusahaan melalui keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI).

Alasan pengubahannya, berdasarkan keterbukaan informasi BEI yang dikutip, Selasa (25/5/2021), setelah dilakukan tinjauan strategis atas seluruh lini bisnis, perseroan akan memfokuskan investasi untuk mengembangkan IKEA, Guardian, dan Hero Supermarket yang memiliki potensi pertumbuhan lebih tinggi dibandingkan Giant.

"Sebagai bagian dari fokus baru ini, perseroan akan mengubah hingga lima gerai Giant menjadi IKEA," tulis perseroan.

Manajemen juga mengumumkan, gerai Giant lainnya di Indonesia akan ditutup pada akhir Juli 2021. Selain itu, perusahaan juga sedang mempertimbangkan untuk mengubah sejumlah gerai Giant menjadi gerai HERO Supermarket.

"Perubahan strategi ini merupakan respons cepat dan tepat Perseroan yang diperlukan untuk beradaptasi terhadap perubahan dinamika pasar, terlebih terkait beralihnya konsumen Indonesia dari format hypermart dalam beberapa tahun terakhir, sebuah tren yang juga terlihat di pasar global lainnya," tulis keterbukaan informasi BEI.

Manajemen Hero berharap rencana ini akan memberikan dampak positif terhadap operasional, kondisi keuangan, atau kelangsungan bisnis perusahaan.

Tonton juga Video: Ritel Berguguran, 6 Gerai Giant Dikabarkan akan Tutup

[Gambas:Video 20detik]



(hek/ara)