Sandiaga Geber Potensi Desa Wisata Biar Ekonomi Bangkit Lagi

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Kamis, 27 Mei 2021 21:30 WIB
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi Desa Wisata Mas di Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali, Rabu (26/5/2021).
Menparekraf Sandiaga Uno/Foto: dok. Kemenparekraf
Jakarta -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno bicara soal potensi desa wisata membangkitkan ekonomi. Sandiaga menuturkan desa wisata memiliki potensi yang sangat besar untuk membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Tanah Air.

Selain menarik minat masyarakat, juga dapat membuka lapangan pekerjaan dan peluang usaha lebih banyak.

"Desa wisata ini memberikan begitu banyak lapangan pekerjaan dan membuka peluang usaha. Serta dapat meningkatkan keterampilan masyarakat untuk digitalisasi konten menjual online," ujar Sandiaga, Kamis (27/5/2021).

Hal itu disampaikan Sandiaga saat mengunjungi Desa Adat Mas di Kawasan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali, Rabu (26/5/2021). Selain mensosialisasikan ADWI 2021, Sandi juga melihat potensi desa wisata mas menjadi kelas dunia untuk dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Ia juga mengajak lebih banyak desa wisata untuk berpartisipasi dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

"Anugerah desa wisata ini adalah bentuk keberpihakan, bentuk ekonomi yang berkeadilan membantu saudara-saudara kita yang betul-betul membutuhkan, yaitu para pelaku wisata dan ekonomi kreatif khususnya yang ada di desa-desa wisata," ujarnya.

Sandiaga berharap lewat sosialisasi ini akan banyak desa wisata lain di Indonesia untuk ikut bergabung dalam ADWI 2021. Lewat kompetisi ADWI ini, Sandiaga ingin masyarakat Indonesia bahkan dunia mengetahui potensi besar desa wisata.

"Dengan sosialisasi ini, kita harapkan akan membangkitkan minat dari desa-desa wisata yang ada di seluruh Indonesia untuk mendaftarkan diri. Jadi jangan lupa daftarkan desa anda di Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 di laman www.jadesta.com/adwi2021 sampai 26 Juni 2021," jelasnya.

Berlanjut ke halaman berikutnya.