Sandiaga Bakal Ada Investasi Rp 1 T di KEK Singosari

Muhammad Aminudin - detikFinance
Sabtu, 22 Mei 2021 22:26 WIB
Sandiaga Uno
Foto: Muhammad Aminudin/detikcom
Malang -

Pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singosari sebagai bagian dari percepatan pembangunan nasional diyakini Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dapat segera terwujud.

Sandiaga mengaku dan menerima tantangan dari Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak atau Emil Dardak untuk menghadirkan investasi senilai Rp 1 triliun dalam pengembang KEK Singosari pada tahun 2023-2024 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno ketika mengunjungi KEK Singosari, Kabupaten Malang, Sabtu (22/5/2021).

Guna merealisasikan target investasi tersebut, Sandiaga akan berkoordinasi dengan Menteri Investasi Republik Indonesia, Bahlil Lahadalia untuk mempercepat akselerasi. Tujuannya agar investasi dapat segera membuat peluang usaha serta pembukaan lapangan kerja bagi masyarakat di kawasan KEK Singosari ke depannya.

"Saya diberi tugas oleh Pak Wagub untuk segera merealisasikan, kebalik-balik kan sekarang pak, kepala jadi kaki-kaki jadi kepala. Tapi ada dua yang saya ingat, pertama adalah mengakselerasi, karena itu kita akan koordinasi dengan Satgas Percepatan investasi yang dikepalai Menteri investasi," ungkap Sandiaga Uno.

"Kedua adalah road show yang akan kami gagas di paruh kedua dengan penyiapan Investments Memo agar pembukaan lapangan kerja itu kita bisa lakukan segera," tambahnya.

Tak hanya itu, lewat koordinasi yang terjalin antara seluruh stake holder, target investasi di KEK Singosari sebesar Rp 1 triliun pada tahun 2023-2024, diyakininya dapat terwujud.

"Jadi tantangan tersebut saya terima, mudah-mudahan dengan bergandengan tangan, kolaborasi bisa kita wujudkan," ungkapnya bersemangat.

Mengawali langkah tersebut, Kemenparekraf bersama pemerintah daerah serta sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah menginisiasi sejumlah kegiatan di KEK Singosari.

Lanjut halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Cerita Lika-liku Sandiaga Uno Raih Gelar Doktor dengan IPK Tertinggi"
[Gambas:Video 20detik]