Kebutuhan Masih Tinggi Usai Lebaran, Pasokan Daging Sapi Aman?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Kamis, 27 Mei 2021 21:45 WIB
Harga daging sapi mengalami kenaikan menjelang hari raya Idul Fitri. Meski demikian, daging sapi tetap tidak kehilangan peminat di Pasar Ciputat, Tangerang Selatan.
Ilustrasi/Foto: Andhika Prasetia
Jakarta -

Untuk menjaga suplai dan harga daging sapi di tengah masyarakat PT Berdikari (Persero) menggandeng Rumah Potong Hewan (RPH) di Balaraja, Tangerang untuk kerja sama operasional.

Direktur Utama Berdikari Harry Warganegara menyampaikan jika kerja sama ini untuk memenuhi kebutuhan sapi dengan kualitas aman, sehat, utuh dan halal (ASUH). Sebelumnya Berdikari telah melakukan kerja sama serupa dengan RPH di Jatiwarna, Cilangkap, Jakarta Timur.

"Kerja sama ini akan disediakan fasilitas feedlot hingga 700 ekor sapi, serta kapasitas potong lebih dari 10 ekor sapi per-harinya," kata Harry dalam keterangan resmi, Kamis (27/5/2021).

Nantinya RPH ini dapat mencukupi kebutuhan daging segar di daerah Jabodetabek khususnya pasar-pasar di sekitar RPH, yang mana RPH Balaraja ini telah menyediakan secara rutin daging segar untuk pasar di wilayah Cikupa, Cisoka, Cikande, Cengkareng, Pandeglang, hingga pasar Tanah Abang.

Harry menambahkan selain mengoptimalkan fasilitas feedlot dan kapasitas potong dari RPH Balaraja, Berdikari melalui anak usaha Berdikari Logistik Indonesia (BLI) dapat menyiapkan fasilitas cold storage untuk mendistribusikan daging impor sapi Brasil ke masyarakat.

Dengan ini diharapkan suplai daging sapi melalui RPH ini akan membantu pemerintah dalam menjaga stabilitas harga sesuai dengan harga yang telah ditetapkan.

"Juga memberikan pilihan akses kepada masyarakat akan kebutuhan daging segar maupun daging beku," tambah dia

Pada kesempatan yang sama, pemilik RPH Balaraja Kartiko Abi Seno, menyampaikan bahwa kerja sama ini akan sangat membantu dalam meningkatkan suplai daging sapi kepada masyarakat khususnya area barat Balaraja yang merupakan saluran distribusi dari hasil potong RPH.

"Pemanfaatan fasilitas feedlot serta mengoptimalkan kapasitas potong dari RPH dapat membantu menjaga stabilitas harga karena suplainya tercukupi," jelas dia.

Dari kerja sama ini tak menutup kemungkinan akan ada RPH lainnya, mengingat ditargetkan akan lebih banyak kemitraan dan kerja sama dengan RPH untuk mendekatkan serta menjaga suplai kebutuhan daging di tengah masyarakat.

(kil/ara)