Bukan Pakai Urat, Begini Cara Tolak Barang COD Tak Sesuai Keinginan

Trio Hamdani - detikFinance
Jumat, 28 Mei 2021 11:07 WIB
Adab COD
Foto: Adab COD (Mindra Purnomo/tim infografis detikcom)
Jakarta -

Siapa yang tak senang ketika mengetahui kurir yang membawa paket belanja online tiba di depan rumah. Tapi ketika pesanan dibuka tidak sesuai ekspektasi mungkin Anda kecewa.

Nah belakangan ini kejadian itu terjadi dengan skema belanja Cash On Delivery (COD). Kalau sudah begitu, jangan langsung marah-marah apalagi sampai mengancam abang kurir, ya.

Setiap toko online (e-commerce) sudah menyediakan cara mengembalikan paket yang tidak sesuai dengan kesepakatan.

Ketua Asosiasi e-Commerce Indonesia (idEA), Bima Laga menjelaskan, memang dalam sistem COD pembeli diharuskan melakukan pembayaran setelah barang diterima. Pihak kurir hanya memastikan bahwa packing barang tidak rusak hingga ke tangan pembeli.

"Jadi selama packaging luarnya memang masih rapi karena sudah bisa dipastikan kurir tidak melakukan apapun, tidak menyentuh bagian dalamnya, itu tetap harus dilakukan pembayaran," tuturnya saat berbincang dengan detikcom.

Nah jika barang yang diterima ternyata tidak sesuai, jangan langsung marah-marah ke kurir, ada mekanisme yang bisa dilakukan. Caranya dengan tidak mengkonfirmasi pesanan telah selesai, atau di beberapa aplikasi e-commerce biasanya ada pilihan bahwa barang itu tidak sesuai.

Berikut tata cara pengembalian barang:

1. Shopee

Ketahui dulu, pengajuan pengembalian barang dan dana bisa dilakukan apabila:
- Produk yang Anda terima rusak, cacat, atau tidak berfungsi dengan baik
- Produk tidak sesuai pesanan/berbeda dengan deskripsi atau foto di etalase toko
- Kesepakatan bersama dengan penjual

"Sebelum melakukan pengajuan pengembalian barang dan dana, Shopee sangat menyarankan agar Anda menghubungi Penjual melalui fitur chat terlebih dahulu dan pastikan pesanan masih dalam masa garansi Shopee," tulis Shopee di situs web resminya.

Berikut langkah-langkah untuk mengajukan pengembalian barang dan dana:
- Klik Pesanan Saya pada tab Saya
- Klik tab Dikirim
- Masuk halaman Rincian Pesanan
- Klik Ajukan Pengembalian
- Pilih barang yang ingin Anda kembalikan
- Klik Pilih Alasan dan pilih alasan pengajuan Anda
- Masukkan alamat email Anda
- Klik Kirimkan.

"Dalam mengajukan pengembalian, Anda harus memiliki bukti kuat yang dapat menunjukkan bahwa pengajuan Anda berdasarkan kenyataan yang terjadi," demikian pernyataan Shopee.

Pengembalian dengan alasan berubah pikiran atau tidak tertarik lagi tidak dapat diterima kecuali jika ada kesepakatan dengan penjual. Permintaan pengembalian barang dapat ditolak penjual apabila penjual memiliki alasan yang kuat.

Khusus untuk paket diskon, pengembalian hanya dapat dilakukan jika semua produk dalam paket diskon dikembalikan. Artinya, pengembalian untuk beberapa produk tidak akan dapat dilakukan.

2. Tokopedia

Jika produk sudah sampai namun kurang, tidak sesuai, rusak, atau ada kendala pada ongkos kirim dan harga barang, Tokopedia memperkenalkan Anda untuk mengajukan klaim pengembalian dana ke penjual. Berikut panduannya via browser desktop:
- Klik Notifikasi (simbol lonceng) pada halaman homepage Tokopedia, lalu klik Status Pemesanan
- Klik Komplain pada pesanan yang berkendala
- Akan muncul pop up, dan silakan pilih Sudah Sampai

Jika masalah ada pada barang, Anda bisa memilih opsi ini jika produk yang diterima dalam keadaan rusak, tidak sesuai, atau jumlahnya kurang, caranya:
- Pilih Kendala Produk. Klik Sudah Sampai pada bagian status, pilih masalah dan tuliskan detail masalah pada kolom yang disediakan
- Klik Lanjutkan ke Pilih Solusi. Kamu bisa memilih solusi yang diinginkan
- Klik Lanjutkan ke Unggah Bukti dan lampirkan foto produk yang bermasalah. Kamu bisa melampirkan hingga 5 foto sekaligus
- Klik Buat Komplain, akan muncul Pop up kemudian klik Ya.

"Selanjutnya, Kamu tinggal menunggu tanggapan dari penjual di halaman Pusat Resolusi. Jika dalam waktu 3×24 jam tidak ada tanggapan dari Penjual, Kamu dapat mengklik Minta Bantuan untuk meminta bantuan Customer Care Tokopedia," tulis Tokopedia.

3. Bukalapak

Pembeli dapat mengajukan komplain barang (retur) selama 2x24 jam sejak barang dinyatakan sudah sampai menurut tracking jasa pengiriman. Jika tidak ada pengajuan komplain hingga batas waktu tersebut, pembeli tidak akan bisa mengajukan komplain lagi dan uang pembayaran akan langsung diteruskan ke pelapak.

Berikut langkah-langkah mengajukan retur di Bukalapak via desktop:
- Pada halaman utama Bukalapak, Klik ikon Transaksi
- Klik Lihat Detail pada transaksi yang ingin diajukan komplain
- Pelapak akan diarahkan ke halaman Detail Transaksi. Klik Komplain untuk memulai pengajuan komplain
- Pilih alasan pengajuan komplain, lalu klik Lanjutkan
- Pembeli akan diarahkan ke halaman Komplain Terima Barang. Unggah foto jelas dari barang yang ingin dikomplain, kemudian pilih solusi komplain yang diinginkan

Kemudian, Anda tinggal melakukan penyelesaian komplain dengan 3 tipe solusi, yaitu:
- Pengembalian Uang
- Penggantian Barang
- Penambahan Barang



Simak Video "COD Jadi Cara Belanja Online yang Nggak Banget"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/das)