Giant Tutup Permanen, Ribuan Buruh Disebut Kena PHK

Soraya Novika - detikFinance
Jumat, 28 Mei 2021 21:01 WIB
Giant akan menutup seluruh gerai hingga Juli 2021. Terlihat dibeberapa gerai terdapat diskon meriah yang dipamerkan. Penasaran?
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Mulai Juli 2021 mendatang, seluruh gerai Giant bakal tutup permanen. Total ada 395 gerai Giant yang bakal ditutup. Keputusan itu tentu berdampak kepada karyawan.

Menurut data Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia (ASPEK Indonesia) dari Serikat Pekerja Hero Supermarket, total karyawan Giant yang terancam PHK mencapai sekitar 7.000 orang.

"Saya mendapatkan informasi dari Ketua Umum Serikat Pekerja Hero Supermarket yang memang itu adalah anggota saya di ASPEK Indonesia menyampaikan seluruh sisanya ini kurang lebih 7.000 seluruhnya akan di-PHK," ujar Presiden Aspek Indonesia Mirah Sumirat dalam konferensi pers virtual, Jumat (28/5/2021).

Meski sudah ada kesepakatan dari manajemen perusahaan bahwa karyawan-karyawan itu akan dipekerjakan di gerai lain seperti IKEA dan Hero Supermaket. Akan tetapi, Mirah meyakini tak semua buruh tersebut dapat terserap di gerai-gerai lain.

"Memang kemudian ada negosiasi dengan serikat pekerjanya akan ditempatkan di Hero dan IKEA tapi itu hanya 5 gerai. Jadi sebenarnya tidak ngangkat juga, berapa orang sih dari 7.000 itu yang kemudian disalurkan ke bisnis-bisnis lain di Giant ya artinya tidak signifikan," katanya.

Di kesempatan serupa, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal memprediksi ada sekitar 3.000 pekerja Giant yang terancam menganggur. Untuk itu, ia mengimbau Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah untuk bisa segera mengambil tindakan agar tidak terjadi lonjakan pengangguran yang besar di Indonesia.

"Menaker agar mengambil langkah hampir 3.000 orang karyawan Giant di seluruh Indonesia ada 80 store itu akan tutup pasti tutup Juni 2021. Apa langkah pemerintah kita belum dengar," imbau Said.

Said juga berharap manajemen Hero Group yang menaungi Hypermart Giant itu bisa benar-benar menetapi janjinya soal penyerapan karyawan yang mengalami PHK untuk kembali bekerja di lini bisnis lain di bawah kelolaan perusahaan ritel tersebut. Ia berharap 75% karyawan yang kena PHK bisa terserap di seluruh gerai baru Hero Group.

"Informasi terkini akan mengembangkan store baru beberapa store baru. Sehingga (seharusnya) mendekati 75% (pekerja PHK) terserap di 3 unit grup (IKEA, HERO Supermarket, dan Guardian)," sambungnya.

Manajemen Hero beri penjelasan soal alasan Giant tutup di halaman berikutnya