Ini Daftar Relawan hingga Eks Menteri Jokowi yang Jadi Komisaris BUMN

Tim Detikcom - detikFinance
Minggu, 30 Mei 2021 08:52 WIB
Capres nomor urut 01 Joko Widodo menggelar kampanye terbuka di Banyuwangi. Momen itu dimanfaatkan Jokowi untuk foto bersama para relawan.
Foto: Antara Foto
Jakarta -

Pemerintah melalui Menteri BUMN telah menunjuk Abdi Negara Nurdin alias Abdee Slank menjadi komisaris di PT Telkom Indonesia Tbk (Persero). Penunjukkan itu dinilai sangat politik mengingat sang musisi yang pernah terlibat pada masa kampanye Pilpres 2014.

Keputusan perombakan jajaran direksi dan komisaris di BUMN juga selalu menjadi perhatian publik. Meskipun keputusan tersebut bukan menjadi yang pertama kali disorot.

Publik tertarik menyoroti keputusan perombakan jajaran direksi maupun komisaris lantaran dari latar belakang sosok yang dipilih oleh pemegang saham dalam rapat umum pemegang saham (RUPS).

Latar belakang komisaris BUMN itu sendiri, ada yang memiliki latar belakang sebagai profesional, ada juga yang berasal dari politikus, tim sukses (timses) hingga orang dari organisasi keagamaan.

Berdasarkan catatan detikcom yang dikutip, Sabtu (29/5/2021), setidaknya lebih dari 20 orang relawan hingga timses, serta orang lembaga keagamaan yang masuk dalam jajaran komisaris BUMN.

Berikut daftar komisaris yang berasal dari orang partai, tim sukses hingga lembaga keagamaan sebagaimana dirangkum detikcom, Jumat (26/3/2021):

1. Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini ditunjuk sebagai komisaris utama merangkap independen PT Pertamina (Persero) pada 25 November 2019. Sebelum menjadi komisaris, Ahok lebih dulu bergabung sebagai kader PDI Perjuangan.

Usai penunjukannya sebagai komisaris, silang pendapat muncul. Ada yang menuntut Ahok mundur dari partai, ada juga yang bilang Ahok tak perlu mundur.

2. M Arief Rosyid Hasan

Eks Relawan atau eks Timses Jokowi, M Arief Rosyid Hasan menjadi Komisaris Independen di Bank Syariah Indonesia. Dia sebelumnya pernah menjadi relawan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Pilpres 2019.

3. Rizal Malaranggeng

Politikus Partai Golkar ini diangkat sebagai komisaris PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) pada Juni 2020 lalu. Adik Andi Malaranggeng ini tercatat mendapat penugasan khusus dalam tim kampanye nasional Jokowi-Ma'ruf.

4. Lukman Edy

Lukman menjabat sebagai wakil komisaris utama merangkap komisaris independen PT Hutama Karya (Persero). Politikus PKB ini sebelumnya wakil direktur saksi Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf.

5. Zulnahar Usman

Mantan bendahara umum Partai Hanura ini ditunjuk sebagai komisaris PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) pada Februari 2020. Dia sebelumnya pernah menjabat direktur logistik & APK dalam Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf.

Siapa lagi timses hingga politikus yang jadi komisaris BUMN? Lanjut ke halaman berikutnya.

Tonton juga Video: Alasan Abu Janda Tak Ditawari Jabatan Komisaris BUMN

[Gambas:Video 20detik]