Cuma Vaksin yang Bisa Selamatkan Industri Ritel

Trio Hamdani - detikFinance
Senin, 31 Mei 2021 11:29 WIB
Ritel Gulung Tikar
Foto: Ritel Gulung Tikar (Tim Infografis Fuad Hasim)
Jakarta -

Suksesnya vaksinasi virus Corona (COVID-19) menjadi juru penyelamat bisnis ritel yang kini berguguran. Sebab, vaksinasi akan meningkatkan kepercayaan konsumen untuk berbelanja.

"Makanya di sini pemerintah secara intensif menggalakkan vaksin, tujuannya apa? suka tidak suka kalau seseorang sudah divaksinasi ada rasa percaya diri," kata Sekretaris Jenderal Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Solihin saat dihubungi detikcom, Senin (31/5/2021).

Walaupun vaksinasi tidak menjamin 100% seseorang tidak akan tertular virus Corona, dia menjelaskan setidaknya ada keyakinan yang lebih ketimbang sebelum divaksinasi.

"Kita berharap supaya Indonesia bangkit, perekonomian itu masih akan membaik sehingga masyarakat tidak takut lagi beraktivitas setelah divaksin dan lain sebagainya," sebutnya.

Di sisi lain, para pebisnis ritel juga harus menyesuaikan diri dengan keinginan pasar saat ini. Misalnya Giant, menurut Solihin bisnis modelnya memang sudah tidak sesuai dengan keinginan konsumen.

Kata Solihin, Giant berkonsep hipermarket. Di situasi pandemi virus Corona (COVID-19) dia menilai konsep ritel berukuran besar ini perlu melakukan penyesuaian. Sebab, biaya operasional yang harus dikeluarkan ritel berkonsep hypermarket tidaklah sedikit, sedangkan pengunjung menurun.

Maka bukan hal aneh bila manajemen memutuskan untuk menutup seluruh gerai Giant untuk diubah menjadi bisnis yang dianggap lebih potensial. Dalam hal ini pemilik Giant ingin memperbanyak gerai Hero dan IKEA.

"Semata-mata kalau bisnis seperti Giant itu pasti bisnisnya nggak menguntungkan pada saat ini. Nah, sehingga dia melihat ada peluang lain di dalam bisnis grup yang dia miliki ya sehingga dia mengubah bisnisnya dengan bisnis yang menurut dia lebih banyak peluang," tambahnya.



Simak Video "Penjelasan BPOM Soal Penghentian Penggunaan Vaksin AstraZeneca"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/das)