Genjot Ekonomi Lewat Desa Wisata, Sandiaga Gandeng Cinta Laura

Bima Bagaskara - detikFinance
Senin, 31 Mei 2021 14:36 WIB
Sandiaga Uno gandeng Cinta Laura untuk genjot ekonomi lewat desa wisata
Foto: Bima Bagaskara/detikcom: Menparekraf Sandiaga Uno gandeng Cinta Laura untuk promosi desa wisata dalam rangka menggenjot ekonomi
Kuningan -

Program desa wisata terus digalakkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno untuk bisa membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang sempat terpuruk akibat pandemi COVID-19.

Yang terbaru, Sandiaga Uno mensosialisasikan program Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 di Desa Cibuntu, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat pada Senin (31/5/2021).

Di Desa Cibuntu sendiri dikenal sebagai desa wisata yang memiliki banyak daya tarik wisata karena letaknya yang berada di lereng Gunung Ciremai. Disini terdapat camp site, situs-situs megalitikum, kampung domba, home stay hingga acara adat yang masih dilestarikan.

Desa Cibuntu juga pernah dinobatkan sebagai salah satu desa terbaik di Indonesia setelah Bali dan Yogyakarta pada tahun 2017 lalu. Bahkan salah satu homestay-nya juga pernah mendapat penilaian peringkat kelima di ASEAN.

"Dengan kita hadir disini (Cibuntu) banyak mencatat beberapa kategori yang bisa ditingkatkan agar kebangkitan ekonomi nasional bisa kita hadirkan melalui Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021," kata Sandiaga dalam konferensi pers di lokasi.

Menurut Sandiaga dengan digalakkannya desa wisata diharapkan dapat memberi kebijakan yang adil dengan melibatkan banyak masyarakat. Sehingga bangkitnya ekonomi nasional bisa dimulai dari desa.

"Kenapa desa wisata karena ini adalah kebijakan yang berkeadilan, begitu banyak masyarakat yang terlibat di sini. Selama ini pemerintah pusat hanya fokus di program yang belum tentu menyentuh masyarakat yang ada di lapisan terbawah," ucapnya.

"Jadi ini adalah kebijakan yang mudah-mudahan bisa memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan," sambungnya.

Dalam kesempatan itu, Sandiaga juga mengajak artis Cinta Laura untuk turut mensosialisasikan program ADWI 2021 dan melihat potensi Desa Cibuntu.

"Saya menghadirkan Cinta Laura yang jago di konten kreatif, generasi Z dan merupakan generasi yang akan terus dilibatkan dalam pengembangan desa wisata kedepan," tandasnya.

Ditempat yang sama Bupati Kuningan Acep Purnama mengungkapkan kunjungan Sandiaga Uno ke Desa Cibuntu akan dijadikan motivasi bagi Pemerintah Kabupaten untuk bisa memajukan sektor pariwisata Kuningan yang berbasis desa.

"Hari ini kunjungan Mas Menteri (Sandiaga Uno) jadi motivasi bagi kita semua sesuai visi kami, Pariwisata Maju Berbasis Desa, semua potensi akan kami gali dan kembangkan untuk membangun desa menjadi ketahanan sosial, ekonomi dan kearifan lokal," singkatnya.

Lihat juga Video: Kunjungan ke Labuan Bajo Naik 30% dari Tahun 2020

[Gambas:Video 20detik]



(hns/hns)