Konon Abdee Slank Punya Banyak Jabatan, Seperti Apa Perusahaannya?

Trio Hamdani - detikFinance
Selasa, 01 Jun 2021 19:32 WIB
Grup band Slank menggelar jumpa pers tentang kondisi kesehatan Abdee Negara di Gang Potlot, Pasar Minggu, Minggu (22/3/2015). Slank tetap dalam formasi yang sama. Meski sakit Abdee juga tetap memperoleh bagian yang sama dari honor manggung yang mereka jalani. Abdee vakum sementara dari aktivitas manggung Slank. Keempat personel Slank tetap memberi dukungan pada Abdee. Kini Abdee harus menjalani cuci darah seminggu dua kali.
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Abdi Negara Nurdin atau Abdee Slank yang ditunjuk sebagai komisaris PT Telkom Indonesia (Persero) menuai kontroversi. Kemampuannya dipertanyakan dalam melaksanakan tugas di perusahaan pelat merah.

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan Abdee punya pengalaman di manajemen sebagai pemimpin dan komisaris beberapa perusahaan.

"Soal manjemen dia juga adalah orang yang banyak bermain dalam tataran manajemen di bidang seni, jadi bukan sekadar seni, tapi juga manjamen seni. Dia paham betul dan dia memimpin beberapa perusahaan, komisaris beberapa perusahaan juga," katanya kepada detikcom Minggu kemarin (30/5/2021).

Hal itu pun tertulis dalam profil komisaris di laman resmi Telkom. Sebelum menjadi komisaris Telkom Abdee pernah tercatat sebagai co-Founder PT Hijau Multi Kreatif (2005-sekarang) dan Founder Maleo Music (2009).

Ia juga tercatat sebagai co-Founder Producer Give.id (2019-sekarang), Komisioner atau komisaris PT Sugih Reksa Indotama (2020-sekarang), dan Komisoner PT Nagara Sains Ekosistem (2021).

Abdee Slank juga terlibat di bisnis Importmusik.com sebagai Co-Founder, TIPS Inovasi (Startup Logistic), dan NSA (survey and advisory).

Seperti apa perusahaan yang dijabat Abdee Slank?

detikcom menelusuri satu persatu informasi terkait bisnis Abdee Slank di atas yang tersedia di internet, pertama adalah Importmusik.com. Di deskripsi situs webnya, bisnis ini didirikan sebagai wadah untuk menampung hasil karya cipta lagu yang berasal dari semua kalangan tanpa memandang jenis aliran musik, genre musik dan status seniman yang terlibat di dalamnya.

"IM:port ditujukan untuk semua kelompok seniman, baik seniman yang sudah terkenal dan punya nama di masyarakat, seniman pendatang baru, dan kelompok musik independent yang saat ini sedang dalam proses pertumbuhan yang pesat," demikian bunyi deskripsinya.

Mereka berperan sebagai wadah untuk membawa kepentingan semua seniman yang terlibat dalam penciptaan sebuah karya musik, baik itu composer, artis/penyanyi, produser dan pihak-pihak lainnya yang terlibat didalamnya.

Secara hukum, IM:port merupakan perusahaan umum berbadan hukum PT (Perseroan Terbatas), yang dikelola secara professional oleh tokoh-tokoh seniman/artis dan pencipta lagu ternama di Indonesia.

Lalu ada PT Hijau Multi Kreatif. Tak banyak informasi yang dapat diperoleh mengenai perusahaan tersebut.

Namun, di Google terdapat informasi bahwa ada nama perusahaan Hijau Multi Kreatif Indonesia. Lokasinya berada di Jalan Rempoa Raya, Bintaro. Di deskripsi dijelaskan bahwa itu adalah studio rekaman di Jakarta Selatan.

Di situs web penyedia lowongan pekerjaan (loker) disebutkan itu adalah perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informatika dan konten digital. Tapi tidak dapat dipastikan apakah itu sama dengan perusahaan yang dijabat Abdee.

Pada penelusuran di LinkedIn, ada nama Iman Sastrosatomo sebagai CEO di sebuah perusahaan bernama Hijau Multi Kreatif. Namanya sama dengan perusahaan dimana Abdee Slank memiliki jabatan.

Informasi tentang Maleo Music juga tak tersedia di internet. Tapi diketahui bahwa itu adalah Record Label. Dilansir CNN Indonesia, Abdee pernah menjadi produser proyek seperti Serious Band, Maleo Music bersama The Painkillers dan Marshanda. Berkolaborasi dengan Sherina Munaf, Agnes Mo, dan The Brandals.

Abdee Slank juga disebut memiliki posisi di Give.id. Informasi yang berhasil dihimpun adalah platform pelacakan donasi untuk donor dan organisasi, berbeda dengan Give.id yang dijabat Abdee Slank yang bergerak di bidang digital content production.

detikcom tak menemukan profil perusahaan PT Sugih Reksa Indotama, dimana Abdee menjabat sebagai komisioner atau komisaris. Informasi seputar Negara Sains Ekosistem juga tak ditemukan di alat pencarian, begitu pun dengan TIPS Inovasi.

Simak juga video 'Tugas Khusus Abdee 'Slank' Sebagai Komisaris Telkom':

[Gambas:Video 20detik]



(toy/dna)