Karyawan Giant Bisa Kerja Lagi di IKEA-Guardian, Buruh Minta Ini

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 03 Jun 2021 18:00 WIB
Pengunjung mendatangi gerai Giant yang masih beroperasi, di Jalan Jatiwaringin, Kota Bekasi, Rabu (26/05/2021). Namun PT Hero Supermarket Tbk (HERO) memastikan akan menutup seluruh gerai Giant pada Juli 2021. Penutupan ini sebagai bagian strategi bisnis perusahaan.
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Seluruh gerai Giant secara serempak akan ditutup per bulan Juli nanti. Dengan ditutupnya gerai Giant otomatis karyawan yang sudah bekerja akan mengalami pemutusan hubungan kerja alias PHK.

Serikat buruh meminta karyawan Giant yang terkena PHK karena penutupan gerai bisa dipekerjakan kembali di IKEA hingga Guardian.

Seperti diketahui, IKEA, Hero Supermarket, hingga Guardian merupakan ritel yang satu grup dengan Giant, di bawah manajemen PT Hero Supermarket Tbk.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal meminta karyawan Giant yang dipekerjakan kembali di IKEA hingga Guardian tak perlu lagi melakukan daftar ulang atau melamar kerja dengan sistem seleksi.

Said Iqbal sendiri mengatakan sampai saat ini dari laporan Serikat Pekerja Hero, belum ada mekanisme dan kepastian soal penempatan kerja kembali karyawan Giant di IKEA hingga Guardian.

"Sampai saat ini teman-teman Serikat Pekerja Hero belum dapat laporan soal kepastian dan bagaimana mekanisme penempatan karyawan Giant di tiga unit tersebut. Tentu kami tidak akan setuju kalau karyawan Giant harus daftar ulang dengan sistem seleksi," ungkap Said Iqbal dalam konferensi pers virtual, Kamis (3/6/2021).

Dia mengatakan buruh menyarankan manajemen untuk memilih pekerja yang potensinya masih baik dan sudah bekerja lama di Giant untuk disalurkan ke IKEA hingga Guardian. Karyawan itu langsung diteruskan bekerja tanpa perlu melamar kerja ulang.

Buruh juga meminta agar para karyawan Giant yang dipindahkan kerja ke IKEA hingga Guardian tak perlu lagi memulai tahun kerja dari 0.

"Masa kerjanya juga tidak dimulai dari 0 tahun, tapi melanjutkan masa kerja dari Giant," ungkap Said Iqbal.

Di sisi lain, PT Hero Supermarket Tbk pun sudah mengatakan akan membuka kesempatan lebar bagi para karyawan Giant untuk meneruskan kerja di IKEA hingga Guardian.

Head of Corporate and Consumer Affairs Hero Supermarket Diky Risbianto menyatakan para karyawan Giant harus melakukan daftar kerja ulang.

"Boleh daftar kerja di lini usaha lain yang masih di bawah naungan PT Hero Supermarket Tbk, seperti IKEA, Guardian, hingga Hero Supermarket," kata Diky kepada detikcom.

Diky pun menegaskan pihaknya akan memberikan kompensasi yang sesuai terhadap semua karyawan Giant yang di-PHK. Kompensasi akan diberikan sesuai UU Cipta Kerja.

"Sebagai ungkapan terima kasih kami atas dukungan dan kerja keras karyawan yang terdampak selama ini, kami akan memberikan kompensasi di atas jumlah yang direkomendasikan di UU Cipta Kerja serta surat referensi untuk membantu masa transisi mereka ke kesempatan kerja yang baru," kata Diky.

Seperti diketahui, usai Giant ditutup manajemen Hero Supermarket selaku induk usaha Giant akan fokus untuk menjalan IKEA, Guardian, dan Hero Supermarket. Rencana terdekat, akan ada penambahan 5 gerai IKEA yang akan dibuka manajemen Hero Supermarket.

(hal/das)