Raffi Ahmad hingga Gading Marten Beli Klub Bola, Menpora Buka Suara

Tim detikcom - detikFinance
Senin, 07 Jun 2021 10:04 WIB
Jakarta -

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali buka suara terkait keputusan para artis seperti Raffi Ahmad, Gading Marten, Atta Halilintar, hingga anak Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep mengakuisisi klub sepak bola di Indonesia.

Zainudin mengatakan keputusan itu menggambarkan sepak bola Indonesia mulai dipercaya lagi oleh masyarakat. Hal itu terbukti semakin banyak yang ingin berinvestasi dalam klub sepak bola mulai dari kalangan artis hingga pengusaha.

"Saya kira ada satu hal yang mendasar yang saya lihat kenapa orang seperti Raffi Ahmad, Atta Halilintar, kemudian Gading Marten, bahkan ada Sultan Kelantan mau masuk ke sepak bola kita. Setelah saya berdiskusi dengan berbagai pihak, berbagai stakeholder, ini karena sepak bola kita mulai dipercaya oleh masyarakat," ujar Amali dalam keterangan tertulis, dikutip Senin (7/6/2021).

Oleh karena itu, Amali pun meminta PSSI sebagai federasi sepak bola agar dapat terus menjaga kepercayaan publik tersebut.

"Nah ini yang saya pesan kepada federasi kepada teman-teman di PSSI, ini harus dijaga, tidak boleh lagi ada perkelahian antara pemain di tengah-tengah lapangan atau pelatih sampai bertengkar dengan pemain lawan dan sebagainya. Kita hindari betul itu," tuturnya.

Amali menyebut akan mendorong PSSI untuk membuat aturan-aturan ketat seperti pengaturan skor dan lainnya. Dengan begitu, hal-hal yang tidak diinginkan diharapkan tidak akan terjadi lagi.

"Karena ini akan membuat orang tidak percaya sepak bola Indonesia, orang jadi malas. Nonton saja malas, apalagi ikutan investasi di dalam sepak bola Indonesia," kata Amali.

Berlanjut ke halaman berikutnya.