BLT UMKM Bakal Berlanjut Sampai Tahap 3?

Trio Hamdani - detikFinance
Senin, 07 Jun 2021 15:44 WIB
Ilustrasi THR
Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -

Pemerintah telah menyelesaikan penyaluran BLT UMKM atau Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) kepada 9,8 juta penerima sebagai bantuan tahap 1. BLT UMKM akan berlanjut ke tahap 2 dengan rencana 3 juta penerima.

Kementerian Koperasi dan UKM pun memastikan bahwa BLT UMKM hingga saat ini hanya direncanakan sampai 2 tahap. Informasi yang menyatakan ada BLT UMKM tahap 3 dipastikan hoaks.

"Berita yang menginformasikan ada BPUM tahap ketiga dengan besaran lebih dari Rp 1,2 juta, itu tidak benar," kata Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM, Arif Rahman Hakim dalam konferensi pers, Senin (7/5/2021).

Apalagi jika ada informasi yang menyatakan program BPUM tahap 3 dengan jumlah bantuan yang lebih besar, dia memastikan hal itu tidak benar.

"Karena yang ada di kita adalah BPUM tahun 2021 baik itu tahap 1 maupun tahap 2, itu besarnya Rp 1,2 juta," jelas Arif.

Pihaknya mengimbau para pelaku usaha mikro mengakses informasi resmi dari situs web Kemenkop UKM atau menghubungi ke contact center kementerian.

"Jadi kami mengimbau kepada para pelaku usaha mikro agar mereka mengklarifikasi apabila ada informasi terkait dengan kegiatan-kegiatan bantuan untuk usaha mikro, usaha kecil supaya mengakses ke website kemenkopukm.go.id ya dan juga kita punya contact center di 1500587," tambahnya.

(toy/dna)