GoTo Punya Direktur Keuangan Baru, IPO Makin Dekat

Aulia Damayanti - detikFinance
Senin, 07 Jun 2021 18:15 WIB
GoTo
Foto: dok GoTo
Jakarta -

Grup GoTo menunjuk Jacky Lo untuk menjadi Chief Financial Officer (CFO) perusahaan. Jacky efektif bekerja mulai hari ini.

Di GoTo, Jacky akan fokus membangun fungsi dan tim keuangan perusahaan di seluruh area termasuk pajak, perbendaharaan, perencanaan keuangan, akuntansi, dan pembelian.

CEO Grup GoTo, Andre Soelistyo mengatakan pemilihan CFO harus sesuai dengan visi, misi dan tujuan perusahaan. Dia juga berharap rekam jejak Jacky diharap dapat membangun fungsi keuangan perusahaan dan membantu perusahaan untuk bisa tercatat di bursa efek.

"Saat menyusun tim eksekutif kami, kami tahu kami perlu seorang CFO yang tidak hanya memiliki pengalaman luar biasa dan keahlian untuk mendukung rencana pertumbuhan jangka panjang kami, tapi juga seorang CFO yang memiliki visi, misi dan tujuan yang sama dengan kami yaitu untuk menciptakan juara Indonesia sejati yang juga bisa berhasil dan meraih kesuksesan di tingkat internasional," katanya dalam siaran pers, Senin (7/6/2021).

"Rekam jejak Jacky sebagai pemikir strategis dan mampu membangun fungsi keuangan bagi perusahaan dengan pertumbuhan tinggi membuatnya menjadi orang yang ideal untuk bergabung dengan tim kepemimpinan kami, sejalan dengan rencana kami merealisasikan pengembangan dan mempercepat pertumbuhan sebagai bagian dari perjalanan kami menjadi perusahaan tercatat di bursa efek," tambah Andre.

Jacky pun mengaku senang dapat bergabung di GoTo. Dia mengungkap target terdekatnya akan membangun pondasi dan kemampuan finansial perusahaan untuk mendukung bisnis yang berkembang yang kini sudah mengglobal.

"Saya sangat senang dapat bergabung dengan GoTo di saat yang krusial ini dan tidak sabar bekerja bersama tim kepemimpinan untuk memanfaatkan peluang yang sangat luar biasa di depan kami. Fokus saya di beberapa minggu dan bulan ke depan adalah membangun pondasi dan kemampuan finansial untuk mendukung sebuah bisnis yang berkembang, yang kini semakin mengglobal dan beragam," tuturnya.

Sebagai informasi, Jacky sebelumnya menjabat sebagai CFO untuk One Connect Financial Technology, platform technology-as-a-service terdepan untuk lembaga keuangan yang terafiliasi dengan perusahaan asal China Ping An Insurance. Selain itu, Ia juga pernah menjabat sebagai chief financial officer dan bendahara untuk Yum China Holdings Inc, salah satu perusahaan restoran terbesar di China.

Jacky juga pernah bekerja untuk Ernst & Young selama 15 tahun, termasuk pernah sebagai partner dan menjabat wakil direktur di Asia Pacific Capital Markets Center. Selama bekerja di Ernst & Young, ia memiliki keahlian di pelaporan untuk otoritas jasa keuangan Amerika Serikat (US SEC) dan persyaratan kepatuhan Sarbanes Oxley.

Selain itu, Jacky juga disebut-sebut merupakan akuntan publik yang tersertifikasi dan anggota di Asosiasi Akuntan Publik AS dan Hong Kong. Grup GoTo sendiri berdiri pada 17 Mei 2021 dari hasil kombinasi antara Gojek, platform layanan non-demand dan pembayaran terdepan Asia Tenggara, dan Tokopedia, perusahaan teknologi dengan marketplace terdepan di Indonesia.

Kesepakatan tersebut adalah kombinasi bisnis terbesar yang pernah ada di Indonesia dan terbesar antara dua perusahaan media dan layanan internet asal Asia. Selain itu bergabungnya Gojek dan Tokopedia disebut telah menciptakan ekosistem yang unik dan saling melengkapi yang mengombinasikan layanan on-demand, e-commerce dan keuangan.

(ara/ara)