Begini Rute dan Aktivitas Bongkar Muat di Patimban

Tim detikcom - detikFinance
Rabu, 09 Jun 2021 10:25 WIB
Pelabuhan Patimban ditargetkan siap layani kegiatan ekspor-impor mulai Desember 2020 mendatang. Pembangunan pelabuhan itu terus dikebut agar dapat penuhi target
Foto: ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI
Jakarta -

Setelah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada akhir 2020, aktivitas di Pelabuhan Patimban langsung dimulai. Di tengah pembangunan pelabuhan Patimban yang terus berlangsung, aktivitas bongkar muat kendaraan sudah dapat dilakukan.

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan melalui Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Patimban terus berupaya untuk meningkatkan kunjungan dan aktivitas di Pelabuhan Patimban yang berada di Subang, Jawa Barat tersebut.

Kepala Kantor KSOP Patimban, Hery Purwanto mengungkapkan Pelabuhan Patimban saat ini melayani angkutan LDF (Long Distance Ferry) kapal roll on-roll off atau RORO yang dikelola PT ASDP Indonesia Ferry (Persero). Adapun rute tujuan penyeberangan saat ini adalah Pelabuhan Panjang di Lampung dan Pontianak.

"Saat ini memang ada 2 (dua) rute dan tidak menutup kemungkinan akan terus bertambah," kata dia.

Dengan adanya Pelabuhan Patimban, kini warga Subang dari wilayah Pantura, Jawa Barat dan sekitarnya bisa mengirim barang atau kendaraannya menuju Lampung atau Pontianak dengan lebih efisien.

"Kalau dulu kan jauh harus ke Tanjung Priok dulu. Sekarang jadi dekat karena sudah ada Pelabuhan Patimban," ujarnya.

Herry mengungkapkan, pengguna layanan terbanyak saat ini adalah pengiriman barang dan logistik dari Jepara dan daerah sekitarnya. Adapun rute Lampung dilayani sebanyak 2 kali seminggu dan tujuan Pontianak 2 minggu sekali.

"Mereka kirim barang pake truk, truknya naik kapal di Patimban," ungkapnya.

Lanjut halaman berikutnya.