Berapa Lama Lagi Ekonomi Jadi Normal Usai Pandemi?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Kamis, 10 Jun 2021 10:02 WIB
Pandemi virus Corona membuat dunia usaha babak belur.  COVID-19 juga diproyeksi mendatangkan malapetaka pada ekonomi Indonesia, bahkan dunia.
Foto: Antara Foto
Jakarta -

Pandemi COVID-19 masih terjadi di berbagai negara. Gaya hidup normal baru atau new normal sudah menjadi bagian dari masyarakat dunia.

Saat ini, proses vaksinasi sudah dilakukan dan diharapkan pandemi akan segera selesai. Kepala Investasi Citi Private Bank Davin Bailin mengungkapkan fase pemulihan ini akan memakan waktu yang lebih lama dari perkiraan.

"Ini waktunya akan lebih lama dari yang dipikirkan," kata Bailin dikutip dari CNN Business Market Now, Kamis (10/6/2021).

Dia mengungkapkan, ekonomi dunia tidak akan pulih seperti sebelum pandemi. "Kita sudah berada dalam ekonomi yang terdistorsi," ujar dia.

Bali menyebutkan, pandemi akan berakhir pada periode enam hingga sembilan bulan kemudian. Hal itu bisa mendorong perekonomian, pasar modal dan akan menjadi siklus ekonomi yang baru.

Menurut dia, para investor harus mulai mencari perusahaan dengan bisnis yang berkelanjutan. Meskipun tren normal baru ini tidak akan berakhir seperti digitalisasi, hingga derasnya arus informasi.

"Pelaku ekonomi harus menyiapkan diri untuk menghadapi ekonomi paska pandemi," jelasnya.

Simak juga video 'Menko Perekonomian Yakin Ekonomi RI Bisa Tembus 8%':

[Gambas:Video 20detik]



(kil/fdl)

Tag Terpopuler