Transformasi McD, dari Resto Kecil hingga Punya 9 Juta Cabang di Dunia

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Minggu, 13 Jun 2021 09:04 WIB
Logo McDonald
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

McDonald's menjadi salah satu restoran cepat saji yang terbesar di dunia. Jaringannya ada di mana-mana.

Tahukah kamu siapa yang mendirikan McDonald's?

Dari lama resmi mcdonalds.com dua bersaudara Dick dan Mac McDonald pindah dari New England ke California. Saat itu mereka menilai di tempat lamanya tak ada peluang usaha yang menjanjikan.

Keduanya kala itu memiliki usaha di bidang film. Namun mereka gagal. Pada 1948 mereka mulai menapaki bisnis baru yakni membuka layanan Speedee Service System yang menjual hamburger seharga 15 sen.

Pasar menyambut baik usaha baru mereka. Nah dari sinilah dua kakak beradik ini memiliki ide untuk membuat waralaba konsep yang mereka miliki dan ada 9 gerai yang beroperasi

Di San Bernadino, Dick dan Mac McDonald mulai menyempurnakan layanan termasuk menambahkan menu selain hamburger, seperti shake dan kentang goreng. Ada 14 waralaba yang akhirnya menjadi restoran di San Bernardino.

Pada 1948 keduanya menutup restoran karena ingin melakukan perubahan besar-besaran. Mereka membuka kembali restoran di swalayan. Menu menjadi hamburger, burger keju, minuman ringan, susu, kopi, keripik kentang dan sepotong kue. Harga dibanderol 15 sen.

Kemudian 1949 mereka mulai membuat menu French Fries untuk menggantikan keripik kentang dan mereka memperkenalkan Triple Thick Milkshake di menu McDonald's.

Tahun 1954 seorang penjual multimixer bernama Ray Croc mengunjungi McDonald's di San Bernardino dengan tujuan menjual alat yang dia jual. Namun dia justru malah tertarik dengan konsep bisnis yang ditawarkan McDonald bersaudara ini. Akhirnya Kroc tergoda dan bergabung dengan mereka.

Satu tahun kemudian, Kroc membuka McDonald's hasil waralaba pertamanya di Des Plaines, Illinois pada 15 April. Desain bangunan berlantai merah dan putih dan lengkungan emas dirancang oleh arsitek Stanley Meston. Penjualan pertama di gerai Krock mencapai US$ 366,12.

Menu Big Mac pertama kali dikembangkan pada 1968 di waralaba Jim Delligatti di Pittsburgh dan mulai ditambahkan ke menu nasional.

Pada 2020 McDonald's membuka restoran tanpa desain pertama di Walt Disney World Resort.

Dikutip dari laporan keuangan kuartal I 2021 pendapatan yang diterima McDonald's sebesar US$ 5,12 miliar naik 9% dibandingkan 2020 sebesar US$ 4,71 miliar. Kemudian laba bersih tercatat US$ 1,53 miliar naik dibandingkan periode 2020 sebesar US$ 1,10 miliar.

Dari laporan tahunan 2020 jumlah outlet McDonald's tercatat 9 juta unit dengan penjualan mencapai US$ 1,2 triliun.



Simak Video "BTS Dibayar Fantastis untuk Kolaborasi McD BTS Meal"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/das)