Dari Jualan Online, Brand Handuk Ini Sukses Buka Lapangan Kerja

Alfi Kholisdinuka - detikFinance
Senin, 14 Jun 2021 16:04 WIB
UMKM-Shopee
Foto: shopee
Jakarta -

Handuk merupakan produk yang tidak lepas dari kegiatan manusia sehari-hari. Kegunaannya yang esensial menjadi kebutuhan yang selalu dipakai oleh masyarakat. Tak heran, bisnis ini pun mendatangkan manfaat bagi banyak orang salah satunya dalam pembukaan lapangan kerja.

Salah satunya dialami oleh Fonder Howel and Co Wilson Gunawan. Howel and Co adalah penyedia produk souvenir yang berfokus pada perlengkapan rumah, seperti handuk, bathrobe kimono hingga handuk couple berkualitas premium.

Wilson mengatakan di awal tahun 2020 usahanya terus berkembang hingga berhasil memiliki lahan usaha seluas 1000m² yang digunakan untuk kantor pusat operasional dan gudang. Padahal dulunya ia hanya memulai dari 1 rumah sebagai pusat operasional dan gudang, tanpa ruang kantor tersendiri.

Diakuinya sejak 2015 awal merintis secara online hingga hari ini Howel and Co berhasil membuka lapangan kerja bagi lebih dari 130 karyawan yang terdiri dari penjahit, tukang bordir, desainer, customer service, tim sosial media, dan berbagai fungsi lainnya.

"Bagi saya pribadi, momen paling membanggakan adalah Howel and Co bisa bertumbuh dari yang awalnya saya sendiri, sekarang sudah mempunyai tim sampai ratusan orang," ungkapnya dalam keterangan tertulis, Senin (14/6/2021).

"Dari yang awalnya hanya berjualan handuk, sekarang ini sudah punya beberapa kategori produk baru. Cita-cita kami adalah Howel and Co bisa menjadi top of mind bagi seluruh masyarakat Indonesia apabila mencari hadiah untuk perlengkapan rumah," imbuh Wilson.

Dia mengungkapkan deretan produk Howel and Co kini berkembang seiring pertumbuhan usaha yang semakin masif secara online. Produk seperti handuk dikembangkan menjadi beberapa tipe seperti handuk mandi pasangan, handuk mandi anak, bathrobe, slippers, bahkan sampai sajadah dan piyama tidur.

Selama proses berjalannya usaha ini, Wilson mengatakan bahwa dengan memfokuskan bisnis di ranah e-Commerce, peningkatan penjualan dirasakan sangat signifikan terutama dengan dukungan subsidi gratis ongkir yang diberikan oleh marketplace.

"Hal yang paling terasa adalah peningkatan sales, terutama dengan adanya subsidi ongkir yang diberikan Shopee kepada pelanggan. Hal lainnya adalah, pengambilan keputusan yang lebih baik karena dashboard dan insight yang tersedia di Seller Center Shopee sehingga bisa kami analisa," pungkasnya.

(ega/hns)