Diskon PPnBM Diperpanjang Saat Ada Rencana PPN Sembako, Ini Kata DJP

Anisa Indraini - detikFinance
Senin, 14 Jun 2021 16:27 WIB
Gedung Utama Kantor Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan kini diberi nama Gedung Marie Muhammad. Ini dia gedung yang menjadi pusat operasional DJP.
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Pemerintah memperpanjang pemberian diskon 100% Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil 1500 cc. Hal itu diumumkan saat adanya polemik rencana Pajak Pertambahan Nilai (PPN) untuk sembako.

Keputusan itu membuat banyak yang berpandangan bahwa pemerintah lebih pro kepada masyarakat kelas atas. Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Neilmaldrin Noor angkat bicara.

"Bukan masalah kaya-miskin, kelas atas kelas-bawah yang diberikan. Ini fokus dari PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional) yang kita perhitungkan secara hati-hati," katanya dalam konferensi virtual, Senin (14/6/2021).

Neilmaldrin menjelaskan diskon PPnBM diberikan karena data menunjukkan banyak masyarakat kelas atas yang enggan membelanjakan uangnya. Mereka cenderung mempertebal dompet dengan menyimpan uang di bank.

Hal ini menyebabkan uang tidak berputar, sehingga berdampak kepada produsen mobil maupun industri otomotif lainnya. Jika sudah begitu, maka penjualan akan terus menurun dan akan berdampak ke karyawan yang notabene masyarakat kelas menengah.

"Kalau ini kita biarkan tidak ada pembelian, penjualan menurun, pengusahanya kolaps, sudah pasti ini akan berdampak kepada masyarakat pada umumnya yang notabene middle income yang jadi karyawan," jelasnya.

Jika terus-terusan seperti ini, bukan tidak mungkin mereka akan terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Bukan hanya akan dirasakan oleh karyawan industri otomotif, tapi juga industri penunjang/pendukungnya.

"Di sana banyak rekan-rekan kita, teman-teman kita, bahkan kita sendiri juga, saudara kita, anak kita yang bekerja di sektor penunjang tersebut. Jadi kalau ini dibiarkan kolaps juga akan kembali pada masyarakat luas dan pengusaha itu sendiri," tutupnya.



Simak Video "KuTips: Cara Cermat Berburu Mobil Baru saat Diskon PPnBM"
[Gambas:Video 20detik]
(aid/das)