Anti Radikalisme Jadi Materi Tes CPNS 2021

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 15 Jun 2021 16:37 WIB
Para calon PNS mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) di Kantor Wali Kota Jaksel. Ada ribuan peserta yang mengikuti tes ini.
Anti Radikalisme Jadi Materi Tes CPNS 2021
Jakarta -

Pemerintah memasukkan anti radikalisme dalam materi tes CPNS 2021. Hal ini berbeda dengan materi seleksi CPNS di tahun-tahun sebelumnya.

Anti radikalisme itu merupakan salah satu materi yang dimasukkan dalam seleksi kompetensi dasar (SKD) dalam Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Demikian disampaikan Plt Asisten Deputi Perencanaan dan Pengadaan SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Katmoko Ari Sambodo melalui YouTube Kupas Tuntas Seleksi CASN 2021 seperti dikutip, Selasa (15/6/2021).

"Hanya ada satu tambahan yang di TKP yang membedakan dengan tahun lalu kita perkuat dari unsur anti radikalismenya. Di tahun ini ada materi-materi penguatan anti radikalisme," katanya.

Materi SKD CPNS 2021 sendiri terbagi menjadi tiga. Pertama ialah Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). TWK memiliki tujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan untuk mengimplementasikan nasionalisme, integritas, bela negara dan pilar negara.

Kedua, Tes Intelegensia Umum (TIU) yang bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan masyarakat untuk mengimplementasikan kemampuan verbal, numerik dan figurasi.

Ketiga ada Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Di sinilah materi anti radikalisme dimasukkan.

TKP bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan mengimplementasikan pelayanan publik, jejaring kerja, sosial budaya, teknologi informasi dan komunikasi, profesionalisme dan anti radikalisme.

Nah, bagi masyarakat yang berminat untuk ikut seleksi CPNS 2021 diharapkan memahami materi tersebut. Jangan lupa, anti radikalisme juga jadi materi ya.

(acd/eds)