d'Mentor: Mencari 'Orang Kepercayaan' dalam Berbisnis

detikTV - detikFinance
Rabu, 16 Jun 2021 12:30 WIB
Jakarta -

Setiap pengusaha atau calon pengusaha pastinya ingin memiliki orang yang dapat dipercaya atau karyawan yang tepat agar dapat diajak bekerja dan berdiskusi untuk memajukan usaha yang dibangunnya. Pasalnya, selain bertugas untuk membantu mengelola bisnis atau perusahaan, karyawan juga sangat berpengaruh dalam menentukan keberhasilan usaha.

Untuk itu, tiap pengusaha atau perusahaan sebaiknya tidak menganggap enteng persoalan rekrutmen. Proses rekrutmen yang sesuai kebutuhan perusahaan menjadi hal yang penting untuk mencegah tingginya turnover atau keluar-masuknya karyawan di satu perusahaan.

Jika karyawan hasil rekrutmen memiliki kompetensi dalam bidangnya, maka usaha tersebut tentu dapat menunjang perkembangan suatu bisnis. Sebaliknya, jika karyawan yang didapat ternyata kurang kompeten, maka akan mengganggu perkembangan suatu usaha.

Oleh karena itu, seorang pengusaha harus bisa menyeleksi para kandidatnya dengan baik. Memang mendapatkan karyawan yang berkualitas, baik dalam bekerja maupun berperilaku baik tidaklah mudah. Banyak pula yang melamar sebagai karyawan, tetapi tidak sesuai dengan kriteria si pengusaha.

Lalu, bagaimana cara merekrut karyawan yang efektif? Hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan oleh seorang rekruter ketika menyeleksi calon karyawan?

d'Mentor kali ini menghadirkan kembali Sunil Tolani, seorang CEO dari Calibreworks dan Mindset Merdeka. Sunil atau kerap disapa Bro Neal berbagi ilmu dan juga tips dalam merekrut karyawan.

(hnf/hnf)