Pedagang Kurban Dadakan Bakal Berkurang Tahun Ini, Ada Apa Nih?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Minggu, 20 Jun 2021 17:28 WIB
Bisnis Hewan Kurban Peternakan Zabidi
Foto: Bisnis Hewan Kurban Peternakan Zabidi (istimewa/Zabidi)
Jakarta -

Bisnis berdagang hewan ternak untuk ibadah kurban memang masih cuan dan tidak ada matinya. Meski begitu, tahun ini kemungkinan pedagang hewan kurban dadakan bakal makin berkurang.

Hal itu disampaikan oleh pengusaha hewan ternak asal Depok, Zabidi. Dia merupakan penjual hewan ternak yang juga sering menyuplai kepada pedagang dadakan selama masa Idul Adha.

Zabidi memprediksi sebulan ke depan jelang Idul Adha, pedagang musiman hewan kurban akan berkurang. Dia mengaku permintaan suplai untuk lapak dadakan mulai menurun, kemungkinan banyak orang kekurangan modal untuk membuka lapak dadakan hewan kurban.

"Orang pedagang dadakan aja sedikit kok sekarang, yang dadakan pada nggak dagang kayaknya. Permintaannya ke itu (lapak dadakan) sedikit kalau kita lihat. Mungkin kaitan sama modal juga ya," ujar Zabidi kepada detikcom, Minggu (20/6/2021).

Meski begitu, dia mengatakan beberapa permintaan untuk hewan kurban langsung dari konsumen sudah mulai berdatangan kepadanya. "Yang telepon sih udah mulai banyak nanya-nanya," ungkapnya.

Namun, dia khawatir daya beli masyarakat makin menurun tahun ini. Di tahun lalu, dia mengatakan mungkin banyak orang melakukan kurban dari hasil tabungannya sebelum pandemi. Namun, tahun ini setelah setahun pandemi berjalan, bisa saja orang-orang mulai kesulitan menabung.

"Memang optimis bisa kayak tahun lalu, cuma kita rada ngerem juga sih di tahun ini. Kita kan meraba juga kondisi ekonomi begini, kalau tahun kemarin mungkin masih ada uang tabungan sebelum pandemi atau ada yang tiba-tiba dapat pesangon masih banyak duit," papar Zabidi.

"Sekarang pandemi udah setahun makin panjang mungkin berbeda dan berkurang kan kemampuannya," sambungnya.

Faktor apa lagi yang bakal bikin jumlah pedagang hewan kurban berkurang tahun ini?

Selanjutnya
Halaman
1 2