Promo Belanja Online Bikin Dompet Was-was, Aku Kudu Piye?

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Senin, 21 Jun 2021 12:05 WIB
Young woman paying bills/ shopping online with credit card
Ilustrasi/Foto: istock
Jakarta -

Pandemi COVID-19 semakin mengubah kebiasaan orang dalam berbelanja. Jika dulu orang-orang biasa membeli barang dengan mendatangi toko, saat ini tak sedikit masyarakat yang lebih memilih untuk belanja online.

Selain itu, saat ini hampir semua produk yang biasa kita beli di toko telah tersedia di berbagai toko online, mulai dari pakaian, barang elektronik, alat tulis dan keperluan kantor, hingga lauk dan bahan makanan lainnya. Karenanya banyak masyarakat yang menilai bahwa saat ini mereka sudah tidak perlu repot-repot lagi berbelanja di mal, supermarket, maupun toko-toko konvensional untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari

Bedanya dengan sebelum pandemi, mungkin anda akan menemukan banyak promo atau diskon di berbagai mal atau toko-toko lain. Namun, saat ini berbagai e-commerce mulai dari toko online hingga aplikator ojol lah yang memberikan berbagai macam promo dan diskon tersebut kepada para pelanggannya. Mulai dari diskon suatu produk, kupon promo, hingga gratis ongkir.

Bagi kamu yang memiliki hobi berburu promo atau diskon di toko online maupun e-commerce lainnya, perhatikan berbagai tips berikut supaya tidak kebablasan saat berbelanja. Melansir dari CNBC, Senin (21/06/2021), setidaknya terdapat 4 tips belanja online agar kamu tidak kebablasan dan membuat dompetmu tipis.

1. Jangan menyerah pada godaan 'waktu'

Berbagai e-commerce akan menggunakan berbagai taktik pemasaran yang 'mengaktifkan' pembeli dan membuat produk tampak lebih menarik dan penting untuk segera dibeli. Banyak toko online maupun aplikasi ojol memberikan diskon atau promo dalam batasan waktu tertentu.

Pembatasan waktu ini dapat meningkatkan urgensi pelanggan, yang membuat kamu merasa harus segera bertindak dan berbelanja. Misalnya, seperti big sale dalam kurun waktu 24 jam, kupon gratis ongkir yang berlaku hingga jangka waktu tertentu, dan masih banyak lagi.

2. Hindari produk-produk elektronik

Penawaran promo yang dilakukan toko-toko belanja online biasanya sangat musiman karena ingin memanfaatkan apa yang orang pikirkan untuk dibeli saat itu. Karenanya berbagai promo yang tersedia memberikan keuntungan untuk pelanggan yang ingin membeli produk-produk musiman tersebut.

Namun berbeda dengan produk musiman, produk-produk elektronik biasanya tidak banyak mendapat sorotan promosi. Dikatakan bahwa untuk produk-produk elektronik, diskon yang diberikan cenderung lebih besar di akhir tahun. Karenanya kamu tidak perlu tergesa-gesa untuk membeli sebuah produk elektronik dengan harga diskon yang kecil.

Selanjutnya
Halaman
1 2